Kompas TV regional berita daerah

Oknum Dosen UNIMA Diduga Lakukan Pungli Ke Mahasiswa Akhir

Kompas.tv - 18 Mei 2023, 18:35 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINAHASA, KOMPAS.TV- Dugaan praktek pungutan liar di Fakultas Teknik - Universitas Negeri Manado-Sulawesi Utara menyeruak. Pasalnya,  satuan pengawas internal UNIMA merekomendasikan penonaktifan seorang kepala jurusan berinisial AM, lantaran terindikasi kuat melancarkan aksi pungli pada mahasiswa tingkat akhir yang hendak menyelesaikan studi.

Ketua satuan pengawas internal Universitas Negeri Manado Philoteus Tuerah menerbitkan surat rekomendasi penonaktifan seorang oknum kepala jurusan di Fakultas Teknik UNIMA karena diduga kuat melancarkan aksi pungutan liar pada mahasiswa tingkat akhir yang hendak menyelesaikan studi mereka di jurusan pendidikan teknologi informasi dan komunikasi.

Tuerah menyebut, kasus dugaan pungli ini bermula dari adanya laporan masyarakat yang kemudian ditindaklanjut dengan pemeriksaan kepada dosen yang bersangkutan.

Hasil pemeriksaan sementara terhadap AM, modus pungutan liar dengan mematok tarif ratusan ribu per SKS, jika ingin nilai mahasiswa diperbaiki sehingga memenuhi syarat kelulusan mata kuliah.

Selain melancarkan praktek pungli, AM disinyalir melakukan perubahan nilai melalui akun PTIK yang tidak sesuai prosedur.

Dikonfirmasi terpisah, Dekan Fakultas Teknik UNIMA Eddy Kembuan mengatakan sudah menonaktifkan -AM- dari jabatannya sebagai ketua jurusan PTIK UNIMA sesuai rekomendasi SPI UNIMA.

Sebagai pengganti kajur yang dinonaktifkan, pihaknya telah menunjuk  Wakil Dekan I Fakultas Teknik menjabat sebagai Kajur PTIK yang baru.

Dalam kasus dugaan praktek pungli oknum dosen  berinisial - AM – ini, tim satuan pengawas internal UNIMA menyimpulkan yang bersangkutan melakukan tindakan maladministrasi dan penyalahgunaan wewenang, dan merekomendasikan pencabutan akses yang bersangkutan sebagai operator PTIK.

#kompastvmanado #unima #pugli

Yannemieke Singal Kompas tv Minahasa

SaksikanSiaranKompastv :

Chanel 46 UHF

Fb :Kompastv Manado

Yt :Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 KelurahanWinangun

KecamatanMalalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x