Kompas TV regional jawa barat

Babakan Siliwangi Paru-Paru Kota Bandung, Bagaimana Kondisinya Saat Ini?

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 15:41 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Hutan Kota Babakan Siliwangi, memiliki nilai tersendiri bagi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Keberadaan Babakan Siliwangi menjadi bukti perjuangan Warga Kota Bandung tahun 2010, yang menolak pembangunan apartemen.

Pada tahun 2011 Baksil dideklarasikan sebagai hutan kota dunia, dengan luas lahan 3,8 hektar dapat memasok oksigen untuk 15 ribu orang dalam sehari.

Di balik rimbunnya hutan kota Babakan Siliwangi yang menjadi pelipur lara warga Bandung untuk menghirup udara segar, Baksil yang sejuk sempat memanas antara kepentingan pemerintah dan warganya.

Kontroversi terjadi pada tahun 2013 silam, Baksil pernah direncanakan untuk ahli fungsi menjadi kondominium. Namun warga Bandung pun melawan mereka tidak setuju, jika hutan kota ini harus dijadikan apartemen. Sehingga banyak warga Bandung yang memasang spanduk, dengan tulisan penolakan pembangunan apartemen di Baksil atau penolakan penebangan pohon di hutan kota itu.

Selain menjadi hutan kota, Baksil juga menjadi pusat kreativitas para seniman dan warga. Beragam kegatan seni dan budaya, kerap ditampilkan di sini dan pernah mengharumkan nama Bandung hingga mancanegara .

Kendati demikian dalam beberapa tahun terakhir, kemeriahan di Babakan Siliwangi terkesan tenggelam. Hal ini di rasakan oleh Iman Soleh seorang seniman. Festival yang hampir setiap bulan muncul di Baksil berangsur-angsur tenggelam.

Baksil diyakini memiliki potensi selain memberikan kebahagiaan. Baksil lama melindungi kawasan di sekitarnya dari ancaman bencana warisan alam, dan kearifan lokal yang tumbuh di Baksil juga dibutuhkan untuk menghadapi dampak perubahan iklim.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 

kompas, berita kompas, berita kompastv, kompas news, kompastv, kompas tv, kompastv live streaming, kompas tv live streaming, live streaming, indonesia, news, youtube news, berita terbaru hari ini, viral terbaru, breaking news, live news, berita terkini, top news

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x