Kompas TV regional jawa timur

Penyandang Tunanetra di Malang Ikuti Orientasi Pengenalan Lingkungan di Kayutangan

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 19:26 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Warga Tunanetra dari Panti Tunanetra milik Dinas Sosial Jawa Timur Senin (15/05/2023) siang mengikuti kegiatan orientasi lingkungan. Bertempat di Kawasan Kayutangan Heritage, penyandang tuna netra ini diajak belajar mengenal lingkungan sebelum nanti kembali ke masyarakat.

Sebanyak 28 penyandang tunanetra baik tunanetra total maupun penglihatan rendah belajar mengenal lingkungan di Kawasan Kayutangan Heritage. Kegiatan pengenalan lingkungan ini merupakan pembelajaran bagi mereka selain pembelajaran di Panti Rehabilitasi.

Kasi Rehabilitasi Sosial dari UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang, Anantya, menjelaskan orientasi lingkungan bagi tunanetra ini sebagai persiapan bagi penyandang tunanetra sebelum kembali ke masyarakat.

Pengenalan lingkungan ini juga untuk melatih kemandirian karena tidak selamanya mereka mendapatkan pendampingan. Karena itulah keberadaan guiding block di beberapa tempat sangat membantu bagi tunanetra.

"Dengan adanya guiding block di setiap lokasi atau kota sangat penting sekali memudahkan mereka berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain," Katanya.

Secara umum, Kawasan Kayutangan Heritage ini sangat ramah bagi disabilitas, Namun dirinya berharap, ada penambahan fasilitas bagi tunanetra seperti papan informasi braille tentang sejarah Kawasan Kayutangan.

#penyandangtunanetra #kayutanganheritage

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x