Kompas TV regional berita daerah

Kain Tapis Lampung Curi Perhatian Pada Penobatan Raja Charles III

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 10:46 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Saat menghadiri acara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey London pada Sabtu lalu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya beserta istrinya dengan bangga mengenakan pakaian Tapis Lampung.

Mereka percaya diri dan berhasil mencuri perhatian saat mengenakan kain khas Lampung untuk mewakili Presiden Joko Widodo yang setiap momennya pun dipamerkan melalui akun media sosialnya.

Baca Juga: Korupsi Tunjangan Kinerja Rp4,1 Miliar, 3 Staf Kejaksaan Negeri Siap Disidang

Busana tradisional dengan motif jung sarat bernuansa emas hingga terlihat elegan dan bersinar bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia, dan ini ternyata hasil buatan tangan pelaku UMKM asal kota Kalianda Lampung Selatan, Lampung.

Roslina Daan, pemilik UMKM tapis Kalianda mengaku sangat bangga karena kain khas Lampung itu dapat dipakai saat momen bersejarah di Inggris. Kain tapis yang dipakai itu merupakan buatan tangan pengrajin yang pembuatannya memakan waktu lebih dari 3 bulan.

"Saya coba padu padankan hingga menghasilkan pakaian khas Lampung yang lebih meriah dan mewah ," kata Roslina Daan, Pelaku UMKM Tapis Kalianda.

Saat ini Roslina beserta 14 orang pengrajin binaannya masih terus mengembangkan kain Tapis Lampung dengan motif dan jenis beragam, bahkan saat ini pemasarannya pun sudah menjangkau sejumlah negara di dunia.

Roslina mengajak kaum muda untuk mau terus mengenakan pakaian khas daerah pada setiap kegiatan agar dapat mempertahankan eksistensi nilai budayanya.

#budaya #lampung #tapis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x