Kompas TV regional berita daerah

Pembersihan Enceng Gondok Untuk keberlangsungan Danau Tondano

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 20:40 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINAHASA, KOMPAS.TV- Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw turun langsung meninjau pembersihan eceng gondok di kabupaten Minahasa. Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan upaya mitigasi penyebaran eceng gondok yang mengganggu keberlangsungan Danau Tondano ini berjalan dengan baik.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw meninjau langsung pembersihan eceng gondok yang sedang dikerjakan Dinas PUPR Provinsi Sulut di dua titik yakni Desa Tasuka Kecamatan Kakas dan Kelurahan Roong – Tondano, pada Selasa  siang.

Peninjauan dilakukan Kandouw, untuk memastikan upaya mitigasi gulma yang berdampak buruk terhadap kelestarian Danau Tondano ini hasilnya bisa terukur dan maksimal.

Mantan ketua DPRD Provinsi Sulut ini menyebut, penanganan eceng gondok harus berkelanjutan dan  tidak parsial sehingga memberi dampak signifikan terhadap keberlangsungan Danau Tondano.

Dimana diketahui, penyebaran eceng gondok sangat masif sehingga diperlukan akselerasi dan kolaborasi Pemerintah Daerah bersama  masyarakat dan stakeholoder, sehingga kelestarian Danau Tondano tetap terjaga.

Adapun dukungan Pemerintah Provinsi Sulut dalam menyelamatkan Danau Tondano melalui  anggaran pembersihan eceng gondok di tahun 2023. Melalui Dinas PUPR Provinsi saat ini 3 alat berat beroperasi untuk mengangkut eceng gondok dari Danau Tondano.

Danau Tondano memiliki peran vital dalam keberlangsungan masyarakat di kabupaten Minahasa dan Provinsi Sulawesi Utara.

Danau Tondano berkontribusi langsung terhadap perekonomian masyarakat melalui hasil tambak ikan, sumber perairan bagi kawasan pertanian sekitar danau, pariwisata serta sumber energi listrik.

#kompastvmanado #danautondano #pemprovsulut

Yannemieke Singal Kompas tv Minahasa

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x