Kompas TV regional jawa timur

Cerita Mahasiswi Indonesia Lolos Dari Perang di Sudan

Kompas.tv - 8 Mei 2023, 21:59 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PASURUAN, KOMPAS.TV - Seorang mahasiswi asal Kota Pasuruan Jawa Timur yang sedang kuliah di Sudan selamat dari maut setelah berhasil melarikan diri dari kawasan konflik. Kini ia mendapat pendampingan dari keluarga karena mengalami trauma dan ketakutan.

Mahasiswi itu adalah Ummu Fatimah Qomariyah, usai 20 tahun, warga Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. Ummu Fatimah tiba di rumahnya dengan disambut sukacita karena telah lepas dari negara konflik.

Ia tiba di kampung halaman pada Minggu (30/4/2023) lalu setelah hampir sepekan terlunta-lunta. Ia melarikan diri dari kampusnya di Sudan kemudian dievakuasi ke Jeddah lalu ke Jakarta.

Ummu memutuskan pulang dari Sudan karena negara itu tengah dilanda perang. Hampir setiap jam, kampus dan tempat tinggalnya dihujani tembakan dan rudal.

Ummu kuliah di International University Of Africa lewat jalur beasiswa. Ummu berharap perang internal di Sudan lekas selesai agar ia bisa melanjutkan studinya yang sudah berjalan separuh jalan.

Baca Juga: Mahasiswi di Malang Membuat Sabun Cuci Pakaian Dari Daun Sengon

Keluarga senang Ummu bisa kembali selamat meski masih trauma dan ketakutan. Keluarga akan mendampingi ummu agar bisa fokus lagi ke rencana pendidikannya.

 

#mahasiswi #konfliksudan #pasuruan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x