Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Polres Slawi Evakuasi Belasan Korban Bus Terperosok ke Sungai di Guci Tegal Jawa Tengah

Kompas.tv - 7 Mei 2023, 14:00 WIB
polres-slawi-evakuasi-belasan-korban-bus-terperosok-ke-sungai-di-guci-tegal-jawa-tengah
Kondisi lokasi kejadian bus pariwisata masuk jurang di Guci, Tegal, Jawa Tengah saat proses evakuasi ramai disaksikan warga dan pengunjung obyek wisata, Minggu (7/5/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

TEGAL, KOMPAS.TV - Polres Slawi mengevakuasi belasan korban kecelakaan bus pariwisata yang terperosok ke sungai di sekitar kawasan Objek Wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023) siang.

"Ya, ada kecelakaan tunggal. Bukan bus masuk jurang, namun masuk sungai," kata Kapolres Slawi AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat dikonfirmasi di Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023) dilansir dari Antara.

Ia menerangkan, pihaknya saat ini sedang fokus melakukan evakuasi para korban luka-luka ke Puskesmas Bojong, klinik, dan rumah sakit setempat.

"Jadi, kami masih fokus penanganan korban terlebih dulu. Untuk masalah kasus itu, tunggu saja dulu hasil perkembangannya," imbuhnya.

Zakun menyebut, untuk memudahkan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi telah memasang garis polisi di lokasi kejadian. 

Terkait penyebab kecelakaan tersebut, dia mengatakan semuanya masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga: Kesaksian Pedagang di Obyek Wisata Guci Tegal: Tak Ada Sopir di Bus yang Terperosok ke Sungai

"Kami luruskan bahwa kecelakaan bukan bus masuk jurang, namun masuk sungai. Adapun untuk masalah kasus itu, tunggu saja hasilnya nanti kami kabarkan," tegasnya.

Dugaan sementara, kecelakaan bus pariwisata itu berawal ketika sopir memanaskan bus dan meninggalkan bus dalam keadaan mesin menyala di lokasi parkir.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal, Ahmad Uwes Qoroni menerangkan, bus yang membawa rombongan peziarah asal Tangerang, Banten itu sedang terparkir.

"Jadi posisi bus saat itu sedang parkir, kemungkinan ada kesalahan teknis dari pengemudi sampai akhirnya bus melaju sendiri ke bawah, tidak terkendali sampai masuk ke sungai yang posisinya dekat dengan area parkiran," ungkap Uwes.

Tim relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Tagana, TNI-Polri, termasuk warga, serta pengunjung wisata langsung memberikan bantuan dan penanganan. 

Ia menambahkan, seluruh penumpang bus itu sudah dievakuasi. Sebagian korban dilarikan ke RSUD dr Soeselo Slawi, sementara sebagian lainnya dibawa ke Puskesmas Bumijawa. 

Baca Juga: Update Kecelakaan Bus Besar Terjun ke Jurang di Guci Tegal, Sejumlah Penumpang Terluka

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x