Kompas TV regional jabodetabek

David Yulianto si 'Koboi Jalanan' Minta Maaf: Saya Menyesal dan Siap Mengikuti Proses Hukum

Kompas.tv - 6 Mei 2023, 20:32 WIB
david-yulianto-si-koboi-jalanan-minta-maaf-saya-menyesal-dan-siap-mengikuti-proses-hukum
David Yulianto, tersangka pengemudi yang bersikap arogan dan viral, dibawa ke Polda Metro Jaya, Jumat (5/5/2023). (Sumber: ANTARA/Ilham Kausar.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - David Yulianto (32), pengemudi mobil yang melakukan aksi 'koboi jalanan' di jalan Tol Tomang, Jakarta Barat, meminta maaf karena telah bersikap arogan dan melakukan penganiayaan terhadap seorang sopir taksi online.

David yang kini mengenakan baju tahanan, mengakui perbuatannya. Ia menyadari aksi arogannya yang menggunakan pelat nomor Polri palsu, telah membuat masyarakat marah dan merusak nama Korps Bhayangkara.

"Saya David Yulianto, memohon maaf kepada masyarakat Indonesia dan institusi Polri atas perilaku saya yang arogan dan melanggar hukum," kata David dalam keterangan video, Sabtu (6/5/2023), dikutip dari Kompas.com.

"Serta menggunakan pelat nomor dinas Polri palsu sehingga membuat masyarakat marah dan menurunkan citra institusi polisi."

David pun mengaku menyesali perbuatannya dan menyatakan siap mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum.

"Saya sangat menyesal dan siap mengikuti proses hukum yang berlaku," ujarnya.

Aksi 'koboi jalanan' yang dilakukan David di Tol Tomang terjadi pada Kamis (4/5/2023) pukul 23.26 WIB.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut dalam aksinya, David melakukan penganiayaan disertai penodongan senjata berupa airsoft gun kepada sopir taksi online bernama Hendra Hermansyah (41).

Baca Juga: Detik-Detik Penangkapan David Yulianto, Pria yang Nenteng Pistol dan Ancam Pengendara Lain di Tol

Menurut penjelasan Trunoyudo, sebelum kejadian, Hendra sedang bergerak ke arah Tangerang dan berpindah jalur di Tol Dalam Kota.

Tak lama kemudian, kendaraannya mendadak diadang oleh mobil sedan berpelat dinas polisi milik David.

"Secara tiba-tiba, ada satu kendaraan jenis sedan yang kemudian berpelat nomor polisi kedinasan 10011-VII menikung korban, dan langsung marah-marah disertai pemukulan kepada korban," ujar Trunoyudo, Jumat (5/5/2023).

“Setelah kejadian, korban melapor dan kami sedang menyelidiki."

Polisi juga telah menetapkan David Yulianto si 'koboi jalanan' yang menganiaya dan menodongkan senjata airsoft gun, sebagai tersangka.

David dijerat dengan Pasal 352 Juncto Pasal 335 KUHP dan atau Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951.

"Dengan ancaman penjara Pasal 352 3 bulan penjara, Pasal 355 dengan 1 tahun penjara, dan UU Darurat selama-lamanya 20 tahun penjara," jelasnya.

Baca Juga: David Yulianto Jadi Tersangka Aksi Koboi Jalanan di Tol Tomang


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x