Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tradisi Unik Kirab Sapi di Boyolali

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 13:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Tradisi arak-arakan sapi atau biasa disebut Lebaran Sapi merupakan tradisi turun temurun yang dilestarikan oleh warga Mlambong, Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Tradisi ini terbilang unik karena memang diselenggarakan di tengah momentum perayaan Lebaran, yakni tepatnya pada H plus 7 Lebaran atau pekan Syawalan.

Tradisi sebagai wujud ungkapan syukur warga ini dimulai dengan sedekah bumi berupa ketupat dan gunungan yang ikut diarak bersama ratusan sapi. Sebelum di kirab, sapi milik warga terlebih dahulu dimandikan dan diberikan wewangian. Selanjutnya diberi makan ketupat sebelum dikirab untuk dipertemukan dengan sapi lain.

Salah satu peserta kirab, Sugeng, mengatakan Lebaran Sapi kali ini dirinya membawa sapi jenis Jawa. Sapi tersebut sengaja ia cat semprot motif batik sekedar untuk memeriahkan tradisi arak-arakan.

"Yang merantau pun rela untuk pulang untuk acara Lebaran ini (Lebaran Sapi) pak," ujar Sugeng.

Tradisi ini sendiri memiliki makna wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui hewan ternak sapi warga mendapatkan anugrah rezeki baik dari susu sapi, daging sapi, dan semua yang dapat dimanfaatkan dari hewan sapi.

Maka melalui kegiatan ini dapat berbagi kebahagiaan pula kepada hewan ternak sapi, sekaligus dengan arak-arakan ini berharap agar hasil dari peternakan sapi akan melimpah ke depannya.

"Paginya diadakan tasyakuran dengan mengeluarkan sodakoh berupa kupatan. Kemudian pemandian sapi, dilanjutkan sapi dikasih wangi-wangian dan dikalungi kupat. Setelah itu diarak dipertemukan anatara sapi yang satu dengan sapi yang lain," jelas Jaman, sesepuh desa.

Setelah arak-arakan sapi sampai di lokasi tujuan, dua gunungan berisi sayuran dan ketupat lalu diperebutkan warga baik untuk dikonsumsi maupun di berikan untuk pakan ternak sapi mereka.

Dengan terus dilestarikannya tradisi turun temurun Lebaran Sapi ini diharapkan dapat menjadi berkah bagi warga Desa Sruni, serta dapat menjadi potensi wisata ke depannya.

#boyolali #sapi #lebaran

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x