Kompas TV regional berita daerah

Rayakan Lebaran Ketupat, Warga Gelar Karapan Sapi

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 13:55 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GORONTALO, KOMPAS.TV - Warga di kabupaten Gorontalo merayakan lebaran ketupat, satu pekan usai idul fitri. Kegiatan ini merupakan budaya setiap tahun warga setempat. Namun tahun ini, warga juga menyempatkan untuk menggelar karapan sapi yang sempat ditiadakan selama dua tahun.

Satu pekan usai idul fitri, warga di kabupaten Gorontalo menggelar lebaran ketupat yang merupakan kebiasaan warga setiap usai idul fitri. Namun perayaan lebaran ketupat tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun lalu. Tahun ini warga kembali merayakan lebaran ketupat dengan menggelar karapan sapi yang sempat ditiadakan selama dua tahun akibat pandemi.

Lomba karapan sapi yang digeal di desa Yosonegoro, kabupaten Gorontalo juga dihadiri oleh sejumlah warga dari luar Gorontalo seperti dari Sulawesi Utara. Warga pun antusias menyaksikan karapan sapi yang kembali digelar. Warga mengaku lomba ini sangat dinanti lantaran lomba mengadu kecepatan sapi hanya digelar setiap sekali setahun.

Dalam lomba ini panitia mengikutsertakan  tiga puluh lima ekor sapi, peserta tak hanya datang dari Gorontalo namun dari Sulawesi Utara juga diikuti menyemarakan lomba karapan sapi.

Panitia mengaku lomba ini baru pertama kali digelar setelah dua tahun tak digelar akibat pandemi. Panitia pun bersyukur lantaran pandemi mulai berlalu.

Lomba karapan sapi tahun ini merupakan inisiatif warga setempat dan dana yang digunakan dalam lomba ini merupakan swadaya dari masyarakat.

 

 

 

 

#lebaranketupat
#lomba
#gorontalo



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x