Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Aksi Buruh Diawasi Bawaslu

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 11:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Peringatan Hari Buruh Sedunia yang jatuh tanggal 1 Mei dilakukan dengan menggelar aksi unjukrasa serentak di sejumlah daerah. Di Kota semarang aksi unjukrasa dilakukan di depan kantor Gubernur Jawa Tengah Senin (1/5/2023) sore.

Aksi unjukrasa ini mendapat pantauan langsung dari Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang. Pantauan ini dimaksudkan untuk memastikan tidak ada aktivitas kampanye terselubung dalam peringatan Hari Buruh tersebut, mengingat salah satu peserta pemilu yang akan berlaga di tahun 2024 adalah Partai Buruh.

Sejumlah petugas Bawaslu Kota Semarang dan Bawaslu Provinsi Jateng turun berbaur dengan buruh untuk mendengarkan orasi yang dilakukan oleh serikat pekerja. Pengawasan ini merupakan tindak lanjut peraturan KPU RI terkait adanya larangan partai politik untuk berkampanye sebelum waktunya.

"Kami sudah melakukan pencegahan, untuk kemudian aksi Hari Buruh berlangsung pada hari ini, itu tidak kemudian digunakan ajang kampanye. Konteks kampanye ini lebih pada orasi," jelas Arief Rahman, Ketua Bawaslu Kota Semarang.

Dalam aksi tersebut Bawaslu Kota Semarang masih mentolerir  adanya lambang partai maupun atribut partai yang dibawa oleh buruh. Sementara untuk pelarangan dan pencekalan hanya berlaku jika ada orasi yang menjurus keajakan untuk memilih salah satu partai.

#hariburuh #bawaslu #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x