Kompas TV regional bali nusa tenggara

Pemprov NTB: 45 Warga Tertipu Modus Pengobatan Alternatif Ida Dayak

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 06:30 WIB
pemprov-ntb-45-warga-tertipu-modus-pengobatan-alternatif-ida-dayak
Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengimbau agar masyarakat waspada penipuan dengan modus mengatasnamakan pengobatan alternatif Ida Dayak. Belakangan ini, Sekretaris Daerah NTB Lalu Gita Ariadi melaporkan sudah ada 45 warga NTB yang tertipu dengan modus tersebut. (Sumber: Nur Imansyah/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MATARAM, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengimbau agar masyarakat waspada penipuan dengan modus mengatasnamakan pengobatan alternatif Ida Dayak. Belakangan ini, Sekretaris Daerah NTB Lalu Gita Ariadi melaporkan sudah ada 45 warga NTB yang tertipu dengan modus tersebut.

Para korban membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250 ribu per orang. Namun, setelah dilakukan penelusuran perizinan dan dokumen, rencana kedatangan Ida Dayak ke NTB tidak tercatat.

Baca Juga: Melihat Ida Dayak Berjoget, Moeldoko Tertawa

Gita menyebut Bakesbangpoldagri NTB bersama pihak kepolisian sudah turun untuk mengecek informasi rencana kedatangan Ida Dayak di Gedung Al-Ihsan Kota Mataram.

"Rencana penggunaan Gedung Al-Ihsan untuk pengobatan Ibu Ida Dayak tidak ada," kata Gita dikutip Antara, Selasa (2/5/2023).

Pihaknya juga mengecek informasi tentang seorang warga yang diklaim sebagai kakak kandung Ida Dayak yang tinggal di Sayang-Sayang, Kota Mataram. Setelah dicek melalui kartu keluarga (KK), Ida Dayak tak pernah tercatat berdomisili di Mataram.

"Kita sudah bertemu dengan keluarganya. Tapi keabsahan secara kartu keluarga tidak ada. Bahkan masyarakat setempat tidak ada yang mengenal Ida Dayak dan tidak pernah ada tercatat tinggal di lingkungan itu," kata Gita.

Bakesbangpoldagri NTB sendiri telah berkoordinasi dengan Polresta Mataram mengenai dugaan penipuan mengatasnamakan Ida Dayak. Bakesbangpoldagri NTB juga telah meminta agar nomor rekening untuk menyetor biaya pendaftaran dalam broadcast yang beredar di media sosial diblokir.

Menurut Sekda NTB, kalaupun ada pengobatan alternatif Ida Dayak di Mataram, ia disebut tidak pernah meminta uang dalam setiap kegiatan. Sekda pun meminta masyarakat berhati-hati dengan modus penipuan.

"Terkait ada modus operandi untuk memanfaatkan situasi soal rencana kedatangan Ida Dayak, biar nanti aparat kepolisian yang menangani. Tapi dari media sosial yang kita lihat, Ida Dayak tidak meminta memungut biaya," katanya.

Baca Juga: Kisah Zakaria, Atlet Berkebutuhan Khusus NTB yang Menempa Diri demi Bela Indonesia di SOWSG Berlin


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x