Kompas TV regional berita daerah

Arus Balik Lebaran: Pemudik Padati Pusat Oleh-Oleh Khas Brebes

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 19:21 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pada hari ketujuh setelah Lebaran, arus balik di jalur Pantura Brebes mulai dipadati kendaraan pemudik. Keramaian pun terlihat di sejumlah pusat oleh-oleh khas Brebes seperti Telur Asin di jalur Pantura Jalan Pangeran Diponegoro Brebes.

 

Puluhan pemudik menyerbu salah satu pusat oleh-oleh Telur Asin. Mereka pun harus antri untuk membeli Telur Asin berbagai varian rasa seperti Telur Asin Bakar, Pindang, dan Original. Salah satu toko bahkan membatasi pembelian Telur Asin Original maksimal 30 butir agar semua pembeli bisa mendapatkan.

 

Salah seorang pemudik mengaku saat pulang kampung di Cirebon, ia hampir setiap tahun mampir membeli oleh-oleh Telur Asin khas Brebes. Telur Asin yang dibeli nantinya akan dibagikan ke saudara dan tetangga di Bandung sebagai oleh-oleh Lebaran.

 

Pada saat Lebaran, para pemilik toko Telur Asin menyiapkan puluhan ribu Telur Asin berbagai varian rasa setiap hari. Salah seorang pemilik toko Telur Asin, Dhani Bagus Purnama, mengaku pada arus balik hari ke tujuh, setiap hari ia menjual tiga puluh ribu butir Telur Asin mulai dari Telur Asin biasa atau Original, Bakar, dan Telur Asin Pindang. Dhani menambahkan omzet penjualan pada arus mudik balik Lebaran 2023 ini meningkat dua kali lipat dari tahun 2022 lalu. Menurutnya, para pemudik yang membeli oleh-oleh diperkirakan terus memadati hingga Senin lusa karena hari terakhir libur panjang sepekan pasca Lebaran.

 

Harga satu butir Telur Asin berbagai varian ini dijual mulai dari lima ribu hingga enam ribu rupiah per butir. Selain Telur Asin, para pemudik juga memburu oleh-oleh khas Brebes lainnya seperti Kerupuk Telor Asin, Kerupuk Rambak, hingga Bandeng Presto.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x