Kompas TV regional berita daerah

Perayaan Syawalan dengan Lopis Raksasa, Tradisi Simbol Persatuan

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 19:25 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Perayaan Syawalan dengan Lopis Raksasa Kembali Digelar di Desa Pecakaran, Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Ratusan warga antusias saling berdesakan untuk mendapatkan lopis yang sedang dipotong-potong oleh panitia.

 

Lopis sepanjang 2 meter ini sebelumnya telah melalui proses pembuatan selama 5 hari, yaitu 3 hari masa perebusan dan 2 hari masa penirisan airnya.

 

Tradisi Syawalan Lopis ini sudah ada sejak tahun 50-an. Oleh masyarakat setempat, lopis diyakini sebagai simbol persatuan karena teksturnya yang lengket dan saling menyatu. Adapun rasa gurih dan lezat sebagai simbol hubungan antar sesama haruslah saling memberikan manfaat.

 

Tradisi Syawalan kembali digelar setelah pandemi COVID-19 mereda. Di tahun ini, Wakil Bupati Pekalongan yang memotong langsung lopis raksasa itu. Lopis adalah makanan berbahan dasar beras ketan yang direbus dengan daun pisang sampai matang seperti ketupat. Berharap dengan adanya lopis raksasa diharapkan bisa membawa keberkahan terutama bagi warga Desa Pecakaran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x