Kompas TV regional jawa barat

Kebakaran Pasar Salak Tasikmalaya Hanguskan 22 Kios Pedagang

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 14:59 WIB
kebakaran-pasar-salak-tasikmalaya-hanguskan-22-kios-pedagang
Ilustrasi kebakaran. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

TASIKMALAYA, KOMPAS.TV - Kebakaran menghanguskan setidaknya 22 kios di Pasar Salak, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (1/5/2023) dini hari.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Cineam Polresta Tasikmalaya, AKP Dede Darmawan kepada wartawan, Senin (1/5/2023) siang menyebut, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

"Betul, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya sebanyak 22 kios terbakar akibat kebakaran itu," tuturnya, dikutip Kompas.com.

Dede menjelaskan, berdasarkan laporan dari warga, awalnya muncul kepulan asap hitam disertai kobaran api di Pasar Salak Cineam.

Kemudian, warga bersama anggota TNI dan Polri berupaya memadamkan api sambil menunggu mobil pemadam kebakaran (damkar) tiba.

Baca Juga: Kapuspen Kemendagri Sebut Tak Ada Kebakaran: Hanya Asap dari Komputer yang Korsleting

"Anggota Polisi, TNI bersama warga setempat berupaya untuk memadamkan api dan karena kobaran besar, akhirnya lima unit Damkar tiba di lokasi dan langsung memadamkan kobaran api.”

“Lima unit kendaraan damkar berasal dari BPBD Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Untuk sekarang ini api sudah dipadamkan tinggal pendinginan," tambahnya.

Menurut Dede, saat kebakaran terjadi, para pemilik kios tidak berada di lokasi.

Mereka memang meninggalkan barang dagangannya di kios karena biasanya baru buka pagi sampai sore hari.

Pihaknya pun telah melakukan penyelidikan lebih lanjut dan memasang garis polisi usai api padam.

"Kebakaran terjadi di Pasar Salak dari keterangan para saksi yakni petugas piket Jajang, Kamal, dan Gilang.”

“Sumber api diduga dari blok kios Elektronik milik Maman. Namun, penyebab kebakaran belum diketahui baru dugaan awal dari arus pendek dan untuk kerugian sebesar Rp 2 miliar," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Trisna Somantri mengatakan, pihaknya masih membantu pemilik kios menyelamatkan barang-barang dari puing-puing sisa kebakaran.

Baca Juga: Usaha Dramatis Pemadaman Kebakaran di Warung Makan Dua Lantai

Namun, sebagian besar barang di kios sudah terbakar dan tak bisa diselamatkan. Terutama berbagai jenis barang elektronik.

"Sebagian besar barang elektronik memang di kios itu terbakar. Api cepat merembet soalnya saat kebakaran," tuturnya.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x