Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Lopis Raksasa Meriahkan Tradisi Syawalan di Pekalongan

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 11:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Perayaan Syawalan dengan lopis raksasa kembali digelar di Desa Pecakaran, Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Ratusan warga antusias saling berdesakan untuk mendapatkan lopis yang sedang dipotong-potong oleh panitia. Lopis sepanjang dua meter ini sebelumnya telah melalui proses pembuatan selama lima hari, yakni tiga hari masa perebusan dan dua hari masa penirisan airnya.

Tradisi Syawalan lopis ini sudah ada sejak tahun 50-an. Oleh masyarakat setempat lopis diyakini sebagai simbol persatuan karena teksturnya yang lengket dan saling menyatu. Adapun rasa gurih dan lezat sebagai simbol hubungan antar sesama haruslah saling memberikan manfaat.

"Ini sampai lima hari, total beratnya 800 kg, ini iuran warga," ujar wasirin,  panitia Syawalan lopis raksasa.

Tradisi Syawalan kembali digelar usai pandemi Covid-19 mereda. Tahun ini Riswadi Wakil Bupati Pekalongan, yang memotong langsung lopis raksasa itu

"Setiap bulan Syawal, tujuh hari setelah Idul Fitri selalu mengadakan pesta lopis, lopis raksasa. Hari ini akan dibagikan kepada masyarakat sebagai bentuk puji syukur kepada Allah," kata Riswadi.

Lopis adalah makanan berbahan dasar beras ketan yang direbus dengan daun pisang sampai matang seperti ketupat. Dengan adanya lopis raksasa diharapkan bisa membawa keberkahan terutama warga desa.

#pekalongan #syawal #lopis

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x