Kompas TV regional papua maluku

Ratusan Umat Muslim Di Kaimana Gelar Hadrat Keliling Kota Sebagai Bentuk Silahturami

Kompas.tv - 26 April 2023, 16:59 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

KAIMANA, KOMPAS.TV - Ratusan umat muslim di Kota Kaimana menggelar tradisi hadrat atau tradisi silaturahmi pasca idul fitri 1444 hijriah keliling Kota Kaimana, Papua Barat.

Tradisi hadrat mengambil garis start dari Masjid Djami Kampung Seram dan finish di Masjid Nurul Huda Kampung Coa. Ini merupakan tradisi turun temurun yang digelar oleh kaum muslim di Kabupaten Kaimana, Papua Barat untuk bersilaturahmi, pasca hari raya idul fitri.

Warga berjalan berkeliling dari rumah ke rumah sambil menari dan melantunkan sholawat yang diiringi dengan pukulan hadrat serta tari-tarian. Saat berkeliling merekapun bersalam-salaman saling memaafkan antara satu sama lainnya.  Warga yang dilewati pun menyediakan makanan dan minuman bagi rombongan hadrat yang paling banyak diikuti oleh kaum muda.

Silahturahmi dan tradisi hadrat tidak hanya dilaksanakan oleh kaum muslim saja, tetapi juga diikuti oleh kaum nasrani sebagai satu keluarga, karena toleransi umat beragama di Kabupaten Kaimana sangat tinggi dan dikenal sebagai agama keluarga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x