Kompas TV regional jabodetabek

Lima Titik Puncak Bogor Macet Total Imbas 50.000 Kendaraan, Wisatawan Menyerah

Kompas.tv - 24 April 2023, 19:00 WIB
lima-titik-puncak-bogor-macet-total-imbas-50-000-kendaraan-wisatawan-menyerah
Kondisi kawasan area puncak Bogor, Jawa Barat pada Senin (24/4/2023) sore hari. Kepolisian mengatakan terdapat lima titik kemacetan yang terjadi akibat puluhan ribu kendaraan mendatangi kawasan wisata ini. (Sumber: Kompas.com/AFDHALUL IKHSAN)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

BOGOR, KOMPAS.TV - Selama libur Lebaran 2023, sekitar 50.000 kendaraan memasuki kawasan Puncak di Bogor, Jawa Barat, dan menyebabkan kemacetan di beberapa titik, Senin (24/4/2023).

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengungkapkan, terdapat lima titik kemacetan yang tersebar sepanjang Jalur Puncak Bogor.

"Hari ini adalah hari ketiga Lebaran, jadi destinasi wisata yang ada di Puncak sedang tinggi untuk didatangi oleh masyarakat," tambah Iman, dilansir dari Tribun Tangerang, Senin.

Baca Juga: Presiden Jokowi Imbau Pemudik Kembali Setelah 26 April 2023

Kemacetan pertama berada di Simpang Megamendung, kemudian Pasar Cisarua, Taman Safari, Gunung Mas, dan At Ta'awun.

Iman menyebutkan bahwa kemacetan terjadi karena banyak pengunjung beristirahat di area tersebut.

Kemacetan mengular hingga ke area Tol Ciawi, Bogor. Akibatnya, banyak pengemudi memutuskan untuk putar balik dan tidak melanjutkan perjalanan mereka ke Puncak.

"Enggak kuat pak macetnya, nyerah saya," ujar salah seorang pengemudi kepada petugas kepolisian yang sedang berjaga di pintu keluar Tol Ciawi.

Baca Juga: Tunggu One Way, Pemudik Rela Antre di GT Kalikangkung Semarang demi Percepat Waktu Balik


Imbauan Tak Pulang ke Jakarta 24-25 April

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat untuk tidak kembali ke Jakarta saat puncak arus balik Lebaran 2023.

Ia memprediksi terjadi puncak arus balik pada 24 dan 25 April serta tanggal 30 April dan 1 Mei 2023.

Baca Juga: Eksplor Keindahan Alam Lenirra Vila & Resto di Bogor, Ada Fasilitas Apa Aja?

"Jasa Marga prediksi 203 ribu kendaraan (melakukan) perjalanan 24 hingga 25 April 2023," jelas Muhadjir dalam konferensi bersama wartawan, Minggu.

"Sosialisasi masif ke masyarakat jika urusannya tidak mendesak untuk segera kembali, bisa menunda ke Jakarta yaitu antara 26-30 April," jelasnya.




Sumber : Tribun Tangerang


BERITA LAINNYA



Close Ads x