Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Limbah kayu Disulap Jadi Dekorasi Interior Nan Cantik

Kompas.tv - 24 April 2023, 12:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG,KOMPAS.TV - Lewat tangan kreatif, limbah kayu yang dibuang begitu saja ternyata dapat diubah menjadi produk dekorasi interior yang memiliki nilai jual. Aneka dekorasi interior seperti papan nama, capstok, logo, hingga poster lukis kayu ini, dijual hingga jutaan rupiah. Permintaan aneka kerajinan untuk kebutuhan dekorasi interior kini kian laris, terutama menjelang hari raya.

Adalah Frans Tri Widodo, yang memulai karirnya membuat aneka hiasan untuk kebutuhan interior sejak 2015 lalu. Bermula saat melihat banyaknya limbah kayu yang dihasilkan di tempat ia bekerja sebelumnya, membuat Frans terpicu untuk mencari ide memanfaatkan limbah kayu yang ada. Dengan menuangkan kreatifitas dan kepawaiannya melukis, ia pun membuka jasa pembuatan produk dekorasi interior.

Beragam produk dekorasi interior ini ia kerjakan sendiri, di rumahnya yang ia sulap menjadi rumah produksi, yang bertempat di Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Aneka hiasan mulai dari jam dinding, gantungan dinding, capstok, tutup meteran listrik, tempat tisu, nomor meja, logo coffee shop, papan nama barber shop, hingga kalimat-kalimat motivasi, ia jual mulai dari harga Rp 90.000 - Rp 2.000.000 tergantung ukuran dan tingkat kesulitan.

Setiap harinya, ia mampu memproduksi 2 hingga 3 buah produk dekorasi interior, namun di awal bulan Ramadan ini, Frans mengaku pesanan produknya mulai meningkat hingga 20 persen. Dan pesanan akan meningkat mendekati hari raya, karena banyak dari pembeli yang mulai mendekorasi rumah, cafe, hingga hotel, mendekati hari raya.

“Kerja dipercetakan dimana di percetakan banyak limbah limbah kayu palet, akhirnya saya pikir gimana kalau limbah limbah ini dimanfaatkan menajdi barnag yang lebih memiliki nilai jual,” Frans Tri Widodo, penggagas AEMDEGE Homedecor.

Tak hanya laku di Semarang, penjualan produk dekorasi interior miliknya ini sudah laku hingga ke seluruh Indonesia. Ia biasanya memasarkan hasil produknya melalui media online seperti instagram dan platform jual beli online lainnya.

Debagian besar produknya pun dibuat berdasarkan keinginan pembeli atau custom by request, bahkan jika pembeli kesusahan dalam menentukan desain maka akan ia bantu untuk konsultasi.

#limbahkayu #semarang #dekorasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x