Kompas TV regional berita daerah

Cerita Ramadhan di Kampung Kerukunan Malagusa Kabupaten Sorong

Kompas.tv - 21 April 2023, 13:15 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Saudara dalam menyambut lebaran Tahun ini kerukunan antar umat beragama sangatlah erat di Kampung Kerukunan Kelurahan Malagusa, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Hal ini terbukti dengan terlibatnya umat beragama dari nasrani, hindu dan budha pada kegiatan di bulan ramadhan.

Nuansa toleransi antar umat beragama warga di Kelurahan Malagusa, Kabupaten Sorong sudah terbangun sejak Tahun 2012 hingga saat ini, dimana warga terlibat bersama dalam setiap kegiatan keagamaan.

Dalam menyambut lebaran tahun ini warga di Kampung Kerukunan Malagusa menggelar sejumlah kegiatan seperti, pasar ramadhan, pawai obor paskah yang bersama dengan membangun umat muslim untuk sahur dan berbuka puasa bersama.

Kegiatan lainnya adalah  membersihkan area Mushola Al Abrar, agar umat muslim setempat bisa menjalankan sholat dengan nyaman. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan doa dan berbuka puasa bersama di halaman Mushola dengan suasana kekeluargaan.
Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kabupaten Sorong, Supriyanto menyatakan Kampung Kerukunan di Malagusa merupakan desa sadar kerukunan pertama di Tanah Papua, karena wilayah tersebut memenuhi persyaratan adanya tempat ibadah untuk umat agama kristen, hindu, budha dan islam. 

Diharapkan kerukunan yang terbangun di Kelurahan Malagusa dapat menjadi contoh bagi kelurahan lainnya, untuk tetap menjaga keharmonisan toleransi antar umat beragama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x