Kompas TV regional jawa barat

Jelang Idulfitri, Puluhan Warga Purwakarta Keracunan Es Kelapa saat Buka Puasa

Kompas.tv - 20 April 2023, 18:53 WIB
jelang-idulfitri-puluhan-warga-purwakarta-keracunan-es-kelapa-saat-buka-puasa
Ilustrasi. Puluhan warga Desa Sinargalih, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat keracunan es kelapa saat berbuka puasa pada Selasa (18/4/2023). (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

PURWAKARTA, KOMPAS.TV - Puluhan warga Desa Sinargalih, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat keracunan es kelapa saat berbuka puasa pada Selasa (18/4/2023).

Peristiwa yang terjadi menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H itu diketahui usai banyak orang mendatangi Puskesmas Maniis dengan pelbagai keluhan macam mual dan pusing. 

"Berdasarkan informasi dari salah satu pasien, ia mengeluhkan diare, mual, pusing hingga lemas usai minum es kelapa yang dibeli dari pedagang di wilayah Kecamatan Maniis itu," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan, Kamis (20/4), dikutip dari Tribun Jabar. 

Baca Juga: Hasil Otopsi Ungkap Penyebab Kematian Bripka Arfan Saragih: Luka Benda Tumpul dan Keracunan Sianida

Para korban baru merasakan keluhan keracunan sehari setelah menyantap es kelapa atau Rabu (19/4) dini hari, menjelang santap sahur. 

Lebih lanjut Deni mengatakan, para korban keracunan tersebut langsung mendapatkan pertolongan pertama dari tenaga medis di Puskesmas Maniis.

"Saat ini, 21 orang diobservasi dan dirawat di Puskesmas Maniis sudah dalam keadaan membaik. Lalu, empat orang mendapatkan penanganan rawat jalan," ujarnya.

Baca Juga: Baru Sejam Tiba di Kampung, Pemudik Asal Tegal Tewas Ditusuk Keponakan

Selain itu, Deni memaparkan, ada enam orang lainnya yang juga ditangani oleh bidan desa dan satu orang lainnya sampai dirujuk ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta. 

"Kami saat ini tengah melakukan investigasi serta pengambilan sampel makanan dari penjual dan sisa konsumsi pasien," ucap Deni.

Terakhir, dia juga mengungkap adanya kemungkinan korban keracunan di lingkungan tersebut masih bisa bertambah.


 



Sumber : Kompas TV/Tribun Jabar


BERITA LAINNYA



Close Ads x