Kompas TV regional berita daerah

Jelang Lebaran, Pashmina dan Mukena Lukis Laris Manis

Kompas.tv - 20 April 2023, 14:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO,KOMPAS.TV - Pashmina dan mukena lukis di Solo,Jawa Tengah, laris manis di saat bulan Ramadan bahkan menjelang Lebaran. Tak hanya pasar dalam negeri, peluang ekspor pun terbuka dengan datangnya pesanan dari mancanegara.

Di bengkel kerjanya inilah, Yani Mardiyanto, Warga Solo, Jawa Tengah, berkreasi dengan sejumlah kain. Berbagai motif dilukis di atas sehelai kain. Nantinya dari kain lukis ini, akan dibuat pashmina, serta mukena yang indah. Di bulan Ramadan terutama menjelang Lebaran, pashmina dan mukena lukis  sangat diminati.

Selain untuk digunakan sendiri, juga bisa digunakan sebagai bingkisan Lebaran. Sejak awal Ramadan pashmian dan mukena lukis sudah banyak dipesan.Tak hanya pasar dalam negeri, pesanan juga datang dari luar negeri.

“Ini persiapan untuk, negosiasi dengan Turki, Bangkok dan Jeddah. Kalau nanti cocok akan 1000 syal/pashmina kedepan, keistimewaan nya belum ada pashmina yang dilukis dan tidak luntur hingga 7 tahun,” ujar Yani Mardiyanto, perajin kain lukis.

Untuk harga pashmina dan mukena lukis bervariasi, tergantung bahan dan model lukisan. Untuk pashmina lukis harga yang ditawarkan mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 270.000. Sedangkan mukena lukis, dijual dengan harga Rp 350.000. Dan di saat Ramadan, kerajinan kain lukis ini bisa meraup keuntungan yang lebih dibandingkan hari biasa.

#lebaran #mukena #pashmina



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x