Kompas TV regional bali nusa tenggara

Pemudik Membludak, ASDP Padangbai Percepat Bongkar Muat Kapal

Kompas.tv - 20 April 2023, 14:32 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Sejak Rabu (19/4) pagi hingga malam, pemudik yang akan menyebrang ke Pelabuhan Lembar Lombok, melalui Pelabuhan Penyeberangan Padangbai Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Bali membludak. Bahkan para pemudik harus rela mengantre hingga 10 jam di Pelabuhan Padangbai untuk bisa naik ke dalam kapal.

Seiring meningkatnya volume pemudik pada malam H-3 ini, pihak ASDP Pelabuhan Padangbai menambah kapal, dan mengoperasikan kapal besar untuk mengurai kemacetan. Selain itu, dilakukan percepatan waktu bongkar muat penumpang, dari sebelumnya 1,5 jam  menjadi 1 jam.

Manager ASDP Padangbai, Hermin Welkis menjelaskan, untuk Rabu 919/4) malam, ada sekitar 16 kapal yang dioperasikan dari sebelumnya hanya 13 kapal, serta proses bongkar dipercepat menjadi 1 jam.

Untuk memastikan kelancaran arus mudik, Kapolres Karangasem, Ricko A.A Taruna memantau langsung, serta mengatur antrean kendaraan pemudik. Kapolres Karangasem mengatakan, untuk saat ini sudah disiapkan tiga kantong parkir. Untuk parkir di areal pelabuhan bisa menampung kendaraan sekitar 300 roda empat. Namun jika terjadi kepadatan, maka akan difungsikan kantong parkir Yeh Malet. Namun hinggai saat ini, meski terjadi peningkatan masih bisa diatasi dengan menambah armada kapal.

Hingga Rabu (19/4) malam antrean kendaraan di Pelabuhan Padangbai masih membludak, terutama sepeda motor dan kendaraan pribadi. Pihak ASDP Pelabuhan Padangbai menyebut, puncak arus mudik memang terjadi pada hari Rabu 19 April 2023.

 

 

 

 

#pelabuhanpadangbai  #asdppadangbai   #arusmudik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x