Kompas TV regional bali nusa tenggara

Pemudik Antri Hingga 10 Jam Di Pelabuahn Padangbai

Kompas.tv - 20 April 2023, 14:24 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Seperti inilah kondisi Pelabuhan Penyeberangan Padangbai di Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Bali. Pada Rabu (19/4) malam, pelabuhan ini mulai dipadati ribuan pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Lembar Lombok. Antrian kendaraan seperti sepeda motor dan kendaraan pribadi antri hingga keluar Pelabuhan Padangbai. Kondisi ini meningkat  signifikan dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Membludaknya pemudik di Pelabuhan Padangbai, membuat beberapa pemudik harus rela mengantri selama sepuluh jam untuk bisa masuk ke dalam kapal. Salah seorang pemudik yang akan mudik ke Lombok Timur,  mengaku sudah mengantri dari pukul lima sore hingga malam, dan sempat terjebak macet lama di depan loket. Padahal ia sengaja mudik malam agar tidak kepanasan dan berencana di kampung selama satu minggu.

Semetara itu manager ASDP Padangbai, Hermin Welkis menyampaikan, pada H-3 ini memang merupakan puncak arus mudik di Pelabuhan Padangbai. Bahkan sampai malam ini sudah terjadi peningkatan sekitar 38 persen di banding tahun lalu. Sedangkan untuk arus mudik besok dan dua hari kemungkinan terjadi penurunan.

Data dari ASDP Padangbai mencatat, hingga saat ini sudah ada sekitar 25.865 penumpang. Sedangkan sepeda motor sebanyak 7.246 unit, dan kendaraan pribadi sebanyak 1.174 unit,  yang telah meninggalkan Pulau Bali melalui Pelabuhan Penyeberangan Padangbai.

Untuk memastikan kelancaran arus mudik Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mendatangi Pelabuhan Penyeberangan Padangbai Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Bali.

Kapolda Bali bersama Kapolres Karangasem, Ricko A.A Taruna langsung melakukan pengecekan fasilitas pelabuhan seperti pos pengamanan, dermaga, kapal serta berbincang-bincang dengan beberapa pemudik yang tengah antre menggunakan giliran masuk kapal.

Seperti diketahui hingga sampai H-4 lebaran sudah ada sekitar 9.023 penumpang yang menyebrang melalui pelabuhan  padangbai menuju Pelabuhan Lembar Lombok

Kapolda Bali menyampaikan, saat ini sudah ada peningkatan pemudik namun masih menerapkan skenario normal. Namun jika terjadi peningkatan secara signifikan pihak pelabuhan akan melakukan percepatan waktu bongkar muat kapal. Selain itu juga sudah menyiapkan kantong-kantong parkir di wilayah Yeh Malet dan Klungkung.

Kapolda Bali juga menghimbau kepada para pemudik agar tetap berhati-hati melakukan perjalanan mudik. Selain itu pihak kepolisian juga menyiagakan ratusan personel untuk melakukan pengamatan di Pelabuhan Penyeberangan Padangbai.

 

 

 

 

 

 

 

 

#pelabuhanpadangbai    #mudiklebaran  #poldabali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x