Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Pemudik Menyerbu Mobil Penukaran Uang di Rest Area 275 Tol Pejagan Pemalang

Kompas.tv - 19 April 2023, 20:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ratusan pemudik menyerbu mobil penukaran uang keliling di rest area 275 Tol Pejagan Pemalang di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada hari Senin siang. Para pemudik ini mengaku terbantu dengan gerai penukaran uang baru di rest area karena memudahkan mereka mendapatkan uang baru untuk dibagikan kepada kerabatnya di kampung halamannya sebagai uang THR.

 

Seorang pemudik dari Jakarta, Arbani, menuturkan begitu melihat ada mobil yang melayani penukaran uang, dirinya langsung ikut antri menukarkan uang. Menurutnya, uang kertas baru atau uang hasil cetak sempurna (HCS) ini nantinya akan dibagikan sebagai uang THR saat Lebaran. Uang baru atau HCS tersebut terdiri dari pecahan seribu rupiah, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dan dua puluh ribu rupiah. Penukaran uang dibatasi maksimal Rp. 3,8 juta rupiah per orang.

 

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Tegal, Teguh Triyono, mengatakan pihaknya menyediakan layanan penukaran uang khusus untuk pemudik di Rest Area 275 Ruas Tol Pejagan-Pemalang dan Rest Area 379 Ruas Tol Pemalang Batang. Jumlah uang yang disediakan untuk penukaran yakni seratus paket per mobil senilai Rp. 380 juta rupiah. Untuk Rest Area 275, disediakan empat mobil penukaran uang dengan total Rp. 1,52 miliar per hari untuk 400 orang pemudik.

 

Warga sangat antusias menukarkan uang karena mobil penukaran uang belum ditemukan di rest area sebelum Tol Pejagan Pemalang. Pada tahun 2023 ini, Bank Indonesia Perwakilan Tegal menyediakan uang sebesar Rp. 5,05 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat menjelang Lebaran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x