Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Wakil Gubernur Jawa Tengah Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha

Kompas.tv - 19 April 2023, 13:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengapresiasi langkah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Tengah mencetak mahasiswa menjadi pengusaha muda.

Taj Yasin Maimoen menegaskan, Pemerintah Jawa Tengah sangat mendukung penuh langkah HIPMI Jawa Tengah dalam upaya mencetak mahasiswa menjadi pengusaha.

Para mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI Perguruan Tinggi yang terdiri dari beberapa universitas yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah didorong untuk mengembangkan bisnis dan menjadi pelaku ekonomi handal serta hebat.

Mahasiswa bisa memulai dengan menggeluti usaha UMKM kecil-kecilan terlebih dahulu, sembari belajar peluang pasar dan membesarkan usaha. Menurut Taj Yasin, saat ini UMKM di Jawa Tengah maju pesat, banyak produk UMKM yang sudah Go International.

“Di mahasiswa saat ini, kita ingin ada perubahan. Kalau dulu itu, setelah kuliah pengennya kerja jadi pegawai, tapi kita coba modifikasi sedikit. Tadi dari Unnes juga menyampaikan, setiap jurusan didorong menjadi pengusaha,” ucap K.H. Taj Yasin Maimoen.

Sementara itu, anggota HIPMI Jawa Tengah Bidang Perguruan Tinggi, Irma Susanti berharap, adanya peran aktif pemerintah untuk terus mengawal UMKM Go Internasional.

“Kalau di China, orang export coffee ataupun export apa pun itu didampingi. Sampai tuntas, dari payment hingga barang diterima. Kalau di negara kita, dipecutin doang untuk ekspor. Tapi nggak dipantau. Banyak exporter kita yang merasa dirugikan, makanya teman-teman banyak yang kapok,” ujar Irma Susanti.

Peran HIPMI Jawa Tengah mempunyai tanggung jawab besar untuk membesarkan UMKM di Jawa Tengah, yang berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah.

#hipmi #tajyasinmaimoen #mahasiswa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x