Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Amalan Ramadan, Belajar Membaca Al-Qur'an dengan Bahasa Isyarat

Kompas.tv - 19 April 2023, 13:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Sebanyak 80 penyandang disabilitas tunarungu yang tergabung dalam Komunitas Tuli Boyolali, Jawa Tengah, mengikuti belajar Al-Qur’an dengan bahasa isyarat di SLB B-C YPCM, Kabupaten Boyolali.

Satu per satu teman tuli menggunakan jemari mengikuti arahan mentor yang memperagakan gerak tangan sebagai bahasa isyarat.

Para pengajar mengatakan, kegiatan belajar Al-Qur’an dengan bahasa isyarat ini tidak hanya mengaji. Namun, juga belajar salat dan menghafal surat pendek.

Pelatihan membaca Al-Qur’an ini dilakukan dengan menggunakan metode Jari Bano, yakni cara belajar membaca dan menulis Al-Qur’an dengan menggunakan 28 ruas jari tangan.

“Selain belajar cara mengaji dan baca tulis Al-Qur’an, kita juga belajar salat dan bacaannya, menghafal surat pendek, utamanya memang surat Al-Fatihah,” kata Faqih Anisa, relawan pengajar Teman Tuli Mengaji Boyolali.

Dalam memberikan penjelasan saat belajar membaca Al-Qur’an dengan bahasa isyarat, memang harus perlahan. Agar para teman tuli tak hanya bisa membaca Al-Qur’an, namun juga bisa memahami arti dari Al-Qur’an dan bacaan salat melalui gerak tangan.

Selama pelatihan yang dilakukan sejak awal Ramadan, para teman tuli tampak antusias karena bisa memperdalam ilmu dan keimanan, terutama di bulan suci Ramadan.

#ramadan #tunarungu #alquran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x