Kompas TV regional papua maluku

Tradisi 27 Ramadan Dengan Khatam Quran 36 Kali Dalam Semalam

Kompas.tv - 19 April 2023, 01:41 WIB
Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPAS.TV- Bertepatan dengan 27 ramadhan 1444 hijriah yang diyakini, sebagai malam lailatul qadar. ratusan warga di dua desa bertetangga,desa hualoy dan tomalehu kabupaten seram bagian barat maluku,  menggelar khatam alquran sebanyak 36 kali atau 1. 080 juz dalam semalam. kegiatan ini dipusatkan di masjid zainal abidin dan masjid lawataka desa hualoy serta tersebar di 13 titik untuk kelompok laki-laki dan 11 titik untuk perempuan.

Tradisi Ini Dibuka Oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Ditandai Dengan Pemukulan Bedug Dan Membacakan Surat Alfatiha,Khatam Qur’an. Kegiatan Ini Telah Digelar Warga Selama Tiga Tahun Berturut-Turut, Dengan Melibatkan Ratusan Warga Yang Terdiri Dari Orang Dewasa Hingga Anak-Anak.

Tujuan Digelarnya tradisi ini,Selain Menjemput Datangnya Malam Lailatul Qadar, Juga Untuk Meningkatkan Minat Baca Alquran Kepada Generasi Muda Agar Mereka Dapat Memahami Pesan-Pesan Tuhan Yang Terkandung Dalam Alquran.

kegiatan mengaji ini akan dijadikan agenda tahunan di setiap malam 27 ramadhan,sehingga dapat memotivasi generasi muda untuk memahami isi dan ajaran alquran guna membentuk karakter pemuda muslim yang religious.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x