Kompas TV regional bali nusa tenggara

Festival Semarapura 2023, Promosikan Pariwisata Klungkung

Kompas.tv - 18 April 2023, 14:24 WIB
festival-semarapura-2023-promosikan-pariwisata-klungkung
Foto : Tari Bali pengisi acara Festival Semarapura (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Semarak Festival Semarapura akan kembali digelar di tahun 2023 ini. Gelaran Festival Semarapura ke 5 tahun ini akan digelar pada Jumat (28/4/2023). Perhelatan ini kembali digelar, setelah terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. Dengan helatan ini, Dinas Pariwisata menargetkan adanya peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Klungkung dua kali lipat dibanding hari biasanya.

Semarapura Festival 2023 ini digelar serangkaian Hari Puputan Klungkung ke-115 dan HUT Kota Semarapura ke-31. Semarapura Festival 2023  akan digelar selama 4 hari, mulai Jumat (28/4/2023) hingga Senin (1/5/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Karangasem, Ni Made Sulistiawati menjelaskan, secara umum festival ini digelar sebagai promosi pariwisata Klungkung. Termasuk Nusa Penida Festival yang sebelum pandemi Covid-19 juga menjadi agenda rutin di Klungkung.

"Dengan kondisi baru pulih dari Covid-19,  kita sesuaikan dengan kondisi APBD. Nanti saat festival itu, diperkenalkan juga potensi pariwisata di Klungkung," ungkap Ni Made Sulistiawati.

Foto : Jadwal Festival Semarapura 2023 (Sumber: Kompas TV Dewata)

Selain menonjolkan potensi wisata,  festival ini juga akan memberi ruang nagi UMKM. Dengan memberikan ruang promosi bagi UMKM, termasuk promosi pariwisata, akan berimbas pada peningkatan ekonomi untuk sektor pariwisata maupun sektor pendukungnya.

"Target kunjungan pasca Festival Semarapura ini dua kali lipat dari sekarang. Kalau kondisi saat ini, rata-rata wisatawan ke Klungkung sebanyak 1500 orang perhari," jelasnya.

Festival Semarapura 2023 , akan menyajikan beberapa atraksi budaya. Misalnya pementasan solah barong sebarung, pementasan gong kebyar anak-anak, dewasa, dan wanita.Termasuk berbagai pameran dan hiburan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x