Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Letupan Erupsi Kawah Oro-oro Kesongo Hampir Setinggi 20 Meter

Kompas.tv - 17 April 2023, 15:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Kawah Oro-oro Kesongo di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, masih terus meletup dan mengeluarkan gas beracun. Letusan tinggi terjadi pada hari Sabtu (15/4/2023) sekitar pukul 11.00 WIB, dengan ketinggian hampir 20 meter. Letupan ini merupakan yang terbesar dalam sepekan terakhir.

“Dari BPBD sudah memberikan batas peringatan. Diimbau warga untuk tidak mendekat, hanya sebatas batas peringatan ini. Karena ternyata jam 11 WIB masih letusan lagi,” ucap Arief Rohman, Bupati Blora.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora bersama aparat kepolisian mengimbau warga yang berada di sekitar lokasi untuk menjauh. Warga juga diminta untuk tidak beraktivitas di radius 2 kilometer. Sampai saat ini, status Kawah Oro-oro Kesongo masih terus aktif.

“Kondisi saat ini memang membahayakan bagi warga. Jadi kami kemarin sudah rakor untuk antisipasi di Polres mengenai Hari Lebaran, warga dilarang mendekat, dengan jarak aman 2 kilometer,” kata Sri Wijanarsih, Kepala BPBD Blora.

Kawah Oro-oro Kesongo setidaknya sudah meletup sebanyak 10 kali, sejak letupan pertama pada Selasa (11/4/2023) sore. Akibat letupan tersebut, satu warga meninggal dunia dan satu warga dilarikan ke rumah sakit usai menghirup gas beracun.

#kesongo #letupan #gasberacun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x