Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bergerak Bersama, Kota Semarang Juarai PPD 2023

Kompas.tv - 17 April 2023, 15:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, meraih juara pertama dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan ini diberikan bersamaan dengan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Gedung Gradhika Bhakti Praja.

Kota Semarang mengungguli Kota Surakarta dan Kota Magelang yang berada di posisi kedua dan ketiga. Menurut Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang akrab disapa Mbak Ita, keberhasilan Kota Semarang ini tak lepas dari konsep bergerak bersama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan masyarakat.

Selain itu, dalam rencana pembangunannya, Kota Semarang selalu mengaitkan dengan program-program prioritas pemerintah pusat di setiap perencanaan pembangunan.

Di tahun-tahun sebelumnya, Kota Semarang secara berturut-turut telah mendapatkan penghargaan PPD. Bahkan di tahun 2022, Kota Semarang tidak disertakan karena telah mendapatkan penghargaan 3 kali berturut-turut.

Tahun ini, setelah kembali meraih juara pertama PPD, Kota Semarang bersama Kabupaten Temanggung masuk dalam seleksi tingkat nasional.

“Harapannya, ini kan sudah proses menuju tingkat nasional. Mudah-mudahan nanti di tingkat nasional, Kota Semarang bisa meraih lagi penghargaan untuk juara pertama,” ujar Mbak Ita.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi capaian Kota Semarang. Ganjar yakin, target pertumbuhan ekonomi Kota Semarang tahun ini bisa mencapai angka 6. Pertumbuhan ini juga diikuti dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi, sebagai ciri karakteristik masyarakat kota.

#kotasemarang #ppd #ganjarpranowo




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x