Kompas TV regional sumatra

Pembuat Lemang yang Masih Bertahan di Setiap Bulan Ramadan

Kompas.tv - 14 April 2023, 20:03 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Salah satu pembuat lemang yang masih bertahan di Banda Aceh adalah Muhammad Yakop. Dia bersama keluarganya  sudah membuat sekaligus menjual lemang sejak puluhan tahun lalu.

Dari pagi hari, Yakop sudah mulai bekerja menyiapkan lemangnya. Agar kematangan lemang sesuai, dan proses pembakaran membutuhkan waktu selama empat hingga lima jam.

Lemang khusus di bulan Ramadan yang di jual Yakop terus meningkat permintaannya. Tak heran, dalam satu hari yakop mampu menjual 150 batang lemang.

Yakop membuat tiga macam jenis lemang, yaitu ketan putih, ketan hitam, serta lemang ubi. Satu batang lemang dijual mulai 50 ribu hingga 125 ribu rupiah, namun untuk eceran dijual mulai harga lima ribu rupiah.

Lemang, salah satu makanan berbuka puasa yang paling di incar warga Kota Banda Aceh. Makanan khas berbuka puasa ini dibuat dari beras ketan dan ubi. Lemang dimasak dengan menggunakan bambu yang sudah dilapisi daun pisang di bagian dalamnya. Lemang juga bisa dipadu dengan selai khas yang diracik sendiri oleh keluarga yakop ini membuat cita rasa menjadi lebih lengkap.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x