Kompas TV regional sumatra

Bantuan Pasca Gempa, Kilang Pertamina Plaju Bangun Fasilitas di Daerah Terdampak Gempa Cianjur

Kompas.tv - 14 April 2023, 09:59 WIB
bantuan-pasca-gempa-kilang-pertamina-plaju-bangun-fasilitas-di-daerah-terdampak-gempa-cianjur
Warga berfoto di depan Masjid Al Barokah, salah satu fasilitas yang dibangun Kilang Pertamina Plaju di daerah terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat (Sumber: Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) memfokuskan penanganan pascabencana di daerah yang terdampak oleh gempa di Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR itu menyebabkan 56 ribu rumah rusak berat dan 334 korban jiwa.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan sebagai perusahaan BUMN, Kilang Pertamina Plaju memiliki tanggung jawab sosial yang besar terhadap masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam seperti gempa bumi.

Melalui Project Cianjur Bangkit, perusahaan menyalurkan bantuan pascagempa yang direalisasikan melalui pembangunan fasilitas ibadah berupa masjid bernama masjid Al Barokah, sumur bor dan bantuan sarana pendidikan bagi 50 anak di Kampung Jamemadep, RT 01 RW 02 Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur.

“Bantuan ini terwujud berkat dukungan dari keluarga besar Kilang Pertamina Plaju dan kegiatan Charity Run yang telah mengumpulkan donasi sebesar Rp318,56 juta,” katanya saat acara penyerahan bantuan di masjid Al Barokah di Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Senin (20/03) lali.

Tak sekadar bantuan fisik, lewat sinergi bersama organisasi kemanusiaan Human Initiative, Kilang Pertamina Plaju juga menggelar kegiatan trauma healing bagi anak-anak korban bencana. 

“Project Cianjur Bangkit ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Bunikasih untuk dapat menjalani ibadah tarawih dalam menyambut bulan suci Ramadan dan membantu anak-anak untuk tetap bisa mengikuti pendidikan serta mengobati rasa trauma akibat gempa tersebut,” ujar Rachmi.

Rachmi menyebut, sebagai entitas bisnis Kilang Pertamina Plaju berkomitmen untuk terus menjalankan program-program CSR yang berfokus pada pengembangan masyarakat dan lingkungan.

“Dalam proyek ini, Kilang Pertamina Plaju berharap dapat membantu memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi masyarakat terdampak gempa di daerah Cianjur dan sekitarnya,” ujar Rachmi.

Wakil Bupati Cianjur, Tubagus Mulyana atau yang akrab disapa Kang Yana mengutarakan rasa terimakasihnya atas perhatian yang begitu besar dari Kilang Pertamina Plaju.

"Saya sangat berbesar hati bahwa Kabupaten Cianjur akan segera pulih dan akan segera bangkit berkat kerjasama dan dorongan motivasi dari semua pihak, sekarang pemerintah pusat sedang giat melakukan rekontruksi rehabilitasi bangunan rumah warga, perkantoran, tempat ibadah dan tentunya sekolah," ujarnya.

Kata Mulyana, hal itu memerlukan waktu dan kesabaran, sehingga donasi seperti ini pembangunan sekolah darurat sangat kami perlukan dan insya allah ini sangat bermanfaat. "Saya ucapkan terimakasih kepada Kilang Pertamina Plaju atas dukungan kepada warga cianjur yang terdampak gempa telah membangunkan Masjid Al Barokah ini," ungkapnya.

Sementara Ketua Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III, Herdiyan Darmawan menyebut, pemilihan lokasi pembangunan di desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, didasari karena dampak yang parah, dimana kebutuhan darurat untuk para masyarakat disana yakni air bersih, sehingga dibangunlah salah satunya fasilitas sumur bor.

Mewakili pekerja Kilang Pertamina Plaju, Herdiyan menyampaikan turut mendukung pemulihan di daerah terdampak bencana itu. "Alhamdulillah, ini sebagai bentuk pertanggung jawaban atas donasi yang dikumpulkan dari segenap insan pekerja Kilang Pertamina Plaju, semoga bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan masyarakat di Desa Bunikasih," tuturnya.



Sumber : Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju


BERITA LAINNYA



Close Ads x