Kompas TV regional berita daerah

Galeri Gusjigang di Kudus: Koleksi Al-Quran dan Kaligrafi Unik

Kompas.tv - 13 April 2023, 11:53 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Galeri Gusjigang terletak di Desa Barongan, Kecamatan Kota, Kudus, Jawa Tengah. Di galeri ini terdapat koleksi Al-Quran raksasa berbahan kanvas berukuran dua kali tiga meter. Selain itu, tersedia juga mushaf Al-Quran terkecil atau yang sering disebut dengan Stambul. Galeri ini juga menyimpan koleksi Al-Quran menarik lainnya, seperti Al-Quran berbahan kertas kuno dari daun lontar dan kulit sapi. Koleksi tersebut diperkirakan sudah berusia ratusan tahun dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Galeri Gusjigang juga mempunyai koleksi kaligrafi karya anak bangsa yang unik dan menarik. Salah satunya adalah kaligrafi Al-Ittihad dengan konsep tiga dimensi. Kaligrafi tersebut merupakan karya para kaligrafer Indonesia asal Kudus yang telah mendunia.

 

Momen Bulan Suci Ramadan, galeri ini cukup ramai didatangi oleh para pengunjung dari berbagai daerah. Menurut salah seorang pengunjung, beragam koleksi mushaf Al-Quran ini cukup membangun memori peradaban Islam kuno hingga sekarang. Semoga mushaf ini akan terus terjaga hingga akhir zaman.

 

Beragam koleksi tersebut dikumpulkan dari para kolektor di berbagai tempat di Indonesia. Penggagas Galeri Gusjigang ingin mengenalkan sejarah dan membangun generasi penerus bangsa agar mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran.

 

Untuk masuk ke Galeri Gusjigang tersebut, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga sepuluh ribu rupiah saja dan sudah bisa menikmati aneka koleksi Al-Quran dan koleksi kaligrafi menarik, sambil menunggu waktu berbuka puasa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x