Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Siap Hadapi Lonjakan Pemudik

Kompas.tv - 11 April 2023, 14:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Diprediksi akan mengalami peningkatan penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran, PT Pelindo Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan antisipasi kepadatan penumpang di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Selain menyiapkan posko pengamanan, Pelindo Cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga menyiapkan sarana dan prasarana di ruang tunggu penumpang.

Dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) oleh pemerintah, dimungkinkan akan berdampak pada peningkatan pergerakan pemudik tahun ini, salah satunya melalui jalur laut.

Menyambut masa arus mudik dan balik Lebaran melalui jalur laut, pihak Pelindo Tanjung Emas Semarang pun telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung. Seperti membuka posko pelayanan terpadu hingga memaksimalkan fasilitas ruang tunggu penumpang.

General Manager Pelindo Cabang Tanjung Emas Semarang, Hardianto menyatakan, dalam menghadapi arus mudik, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan operator kapal untuk mempersiapkan armada agar laik laut.

Hardianto memprediksi, akan ada peningkatan pergerakan penumpang cukup signifikan selama arus mudik dan balik Lebaran 2023. Dimana pada tahun ini diperkirakan akan ada peningkatan sebesar 20 hingga 30 persen dibandingkan tahun lalu.

Menurut Pelindo, puncak kepadatan pemudik melalui jalur laut di Pelabuhan Tanjung Emas diperkirakan terjadi pada lima hari menjelang Lebaran. Dan puncak kepadatan pada arus balik terjadi pada 10 hari setelah Lebaran.

“Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang ada di pelabuhan. Termasuk KSOP, BMKG dan TNI-Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada saat pelaksanaan arus mudik dan balik Angkutan Lebaran 2023,” ujar Hardianto.

Selama masa angkutan Lebaran, pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang telah menyiapkan sembilan kapal penumpang sebagai antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik di Pelabuhan Tanjung Emas.

Sembilan kapal tersebut milik PT PELNI dan PT Dharma Lautan Utama, dengan total kapasitas angkut mencapai 9.881 orang.

#lebaran #arusmudik #pelabuhantanjungemas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x