Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Inspiratif, Polisi Nyambi Jadi Guru Ngaji

Kompas.tv - 11 April 2023, 14:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Seorang anggota polisi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menyempatkan diri untuk menjadi guru ngaji di wilayahnya di sela-sela kesibukannya bekerja. Kegiatan mengaji dilakukan oleh anggota Samapta Polres Blora, Aiptu Adi Tri Sukmoro dan anak-anak setiap sore.

Seperti inilah kesibukan Aiptu Adi setiap sore di bulan Ramadan. Di sela-sela kesibukannya sebagai anggota polisi, ia menyempatkan diri untuk menjadi guru ngaji di desanya di Kelurahan Bangkle. Dengan dibantu sang istri, Aiptu Adi mengajarkan tadarus Quran bagi anak-anak di desanya.

Di TPQ Nurul Quran yang ia dirikan sejak tahun 2019 lalu, Aiptu Adi mengajarkan anak-anak cara membaca Al-Qur’an dengan metode Ummi. Metode ini merupakan cara mudah bagi anak untuk membaca Al-Qur’an dengan fasih.

Sampai saat ini, setidaknya telah ada 30 anak yang mengikuti pembelajaran Al-Qur’an ini. Aiptu Adi tidak menarik biaya bagi anak yang ingin mengaji di tempatnya.

“Yang untuk TK kita liburkan. Untuk yang kelas Al-Qur’an ini mulai SD sampai SMA. Kita pakai mushaf Al-Qur’an biasa. Tapi untuk metodenya kita memakai metode Ummi,” kata Aiptu Adi.

Aiptu Adi berharap, ke depan akan semakin banyak anak-anak di desanya yang bisa baca tulis Al-Qur’an. Pasalnya, di desanya jauh dari lokasi pondok pesantren.

#polisi #ramadan #alquran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x