Kompas TV regional berita daerah

Ngabuburit Di Lapas Perempuan Tenggarong

Kompas.tv - 11 April 2023, 14:59 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.TV - Sejak pagi, ratusan narapidana di lapas perempuan tenggarong sudah beraktifitas mengaji dan bersih-bersih di lingkungan sel mereka. Ada juga yang menghubungi kerabat mereka/ atau menyapa anak mereka selama bulan suci ramadhan.

Tak heran, lapas pemasyarakatan perempuan tenggarong ini, mendapat predikat juara 1 lapas higienis tingkat nasional.

Ketika beranjak sore, aktifitas terlihat sangat ramai, kata warga binaan, waktunya ngabuburit. Ada yang bertadarus, berolah raga/ hingga bercengkrama sesama warga binaan.

Tapi ada juga aktifitas yang menghasilkan cuan, yaitu membuat roti, laudry, bertani, menjahit, hingga membuka salon. Untuk pembuatan roti, saat ini sudah bisa menjual hasil olahannya hingga keluar, seperti wilayah kukar dan samarinda. Dalam sehari, pembuatan roti ini, bisa mencetak 5 jenis. Dari roti tawar, hingga pizza.

Di lapas ini juga ada kelempok pemusik, salah satu personilnya, menekuni alat musik petik tradisional bernama sampe. Sambil bermain music, ada juga yang menari, dengan tarian tradisional suku dayak. 

Tak hanya itu, puluhan warga binaan perempuan ini menyulam untuk membuat baju tradisional. Namanya, anyaman sulam tumpar. Hebatnya, hasil anyaman warga binaan ini sudah dipesan oleh pengusaha kreatif di samarinda dan tenggarong.  Bagi mereka, keahlian yang mereka peroleh, bisa menjadi bekal usaha, ketika kembali ke masyarakat.

Menurut Jumadi, selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kaltim, pembinaan keterampilan dan kerajinan warga binaan, tidak perlu yang sulit. Cukup menguasai keahlian yang membutuhkan modal kecil, agar bisa mengembangkan usaha mereka, saat kembali ke masyarakat dan keluarga.

Nah, aktifitas yang paling ditunggu saat ngabuburit, adalah memasak. Ternyata menunya beragam, dari ikan bakar, ikan rebus, hingga ayam goreng. Dan tak lupa, takjil olahaan sendiri. Tentu, masakan ini juga bisa menghasilkan cuan.  Hasil penjualannya diserahkan ke Negara, dan ada juga untuk upah warga binaan yang bekerja.

Nah, kini pemerintah juga sudah mempersiapkan program jelang mereka bebas, agar warga binaan sudah punya modal usaha, hingga bisa hidup lebih baik dan layak berusaha// tentunya bisa menopang kebutuhan mereka sehari-hari.

#Lapas #Ngabuburit #Ramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x