Kompas TV regional jawa timur

Keren! Diecast Karya Warga Malang Tembus Pasar Mancanegara

Kompas.tv - 9 April 2023, 07:00 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Membulatkan tekad berhenti dari pekerjaan kantoran, seorang pria di Malang justru sukses setelah menekuni dunia hobi mobil mainan atau diecast. Karya diecast buatan warga Malang ini berhasil tembus pasar mancanegara.

memanfaatkan ruang kosong rumahnya, di Perumahan Bukit Cemara Tidar Kota Malang, Wahyu Widodo nampak serius menyelesaikan pesanan diecast. Miniatur mobil atau diecast yang ia kerjakan kali ini bertema rustik atau mobil tua dengan karat di beberapa bagian mobil.

Detail dan ketelitian menjadi ciri khas diecast buatan Wahyu. Mulai dari rangka, kaki hingga interior ia buat semirip mungkin dengan aslinya. 

Menurut Wahyu memang tidak semua komponen mobil ia buat sendiri. Seringkali wahyu membeli diecast di toko mainan lalu memodifikasinya sesuai dengan tema yang Ia inginkan. Bahkan tak jarang ia merombak total hingga berubah dari bentuk aslinya.

Berkat ketelitian dan ciri khas karyanya, diecast buatan Wahyu banyak digemari oleh kolektor dari luar negeri. Hampir 90% diecast buatannya menjadi koleksi para kolektor di luar negeri khususnya Amerika. Model diecast yang ia buat selain hasil sketsa sendiri juga terinspirasi dari film.

"Kalo pasarnya diecast ini masih sangat luas, karena ini kan custom ya," kata Wahyu.

Dibanding diecast buatan pabrik yang beredar di toko mainan, harga diecast milik Wahyu memang jauh lebih mahal. Untuk sebuah diecast mobil, Wahyu menjualnya dengan harga Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah. Meski tergolong mahal, namun diecast buatan Wahyu ini mempunyai tempat tersendiri di hati para kolektor.

#diecast #diecastmalang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x