Kompas TV regional sumatra

Tren Penelantaran Bayi Meningkat di Aceh

Kompas.tv - 6 April 2023, 14:35 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Data Dinas Sosial Aceh mencatat kasus pembuangan bayi dari tahun 2020 lalu hingga kini lebih dari 90 kasus. Tahun 2020 ada 26 kasus, 2021 tercatat ada 29 kasus dan 2022 meningkat 36 kasus dengan jumlah kasus terbanyak di Pidie dan Aceh Tamiang. Sementara di awal tahun 2023 tercatat sudah ada 2 kasus pembuangan bayi yang dilaporkan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh Isnandar menyebut, tren peningkatan kasus bayi yang terlantarkan atau bayi yang dibuang itu terjadi karena banyak alasan, salah satunya ekonomi dan rasa malu karena anak yang dilahirkan di luar pernikahan. Banyaknya kasus bayi terlantar atau dibuang itu menjadi perhatian publik terutama pendidikan tentang agama dan soal pernikahan.

Sementara dari banyaknya bayi terlantar atau dibuang oleh orang tuanya juga memunculkan persoalan pada adopsi bayi-bayi tersebut. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengadopsi bayi-bayi terlantar itu menggunakan ketentuan hukum yang ada agar tidak terjadi sengketa anak dikemudian hari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x