Kompas TV regional jawa timur

Jalur Mudik di Gunung Gumitir Jember Rawan Longsor dan Pohon Tumbang

Kompas.tv - 5 April 2023, 20:11 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Bagi anda yang akan mudik saat lebaran nanti, harap berhati-hati saat melintasi jalur gunung gumitir di Kabupaten Jember Jawa Timur. Pasalnya, jalan penghubung pulau Jawa dan Bali ini rawan longsor dan pohon tumbang.

Dari hasil pemeriksaan petugas gabungan, terdapat 4 titik rawan longsor, tanah bergerak dan pohon tumbang di jalur mudik kawasan gunung gumitir Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 4 titik itu berada di kilometer 34, 36, 36, 600 dan 38. 4 titik itu mempunyai kemiringan sangat tajam dengan tekstur tanah gembur dan berair.

Potensi longsor dan pohon tumbang rawan terjadi, mengingat musim hujan masih berlangsung saat mudik lebaran. Longsor biasanya diawali dengan pergerakan tanah yang dipicu keretakan tanah dan curah hujan tinggi. Tebing longsor selalu menutup jalan hingga memicu kemacetan. Longsor membawa material batu dan pohon tumbang hingga membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Baca Juga: Jalan Nasional Gunung Gumitir Longsor, 2 Truk Terguling

Kapolsek Sempolan, AKP Suhartanto mengatakan bahwa untuk antisipasi kecelakaan, petugas disiagakan di sejumlah titik rawan bencana dan percepatan pembangunan di titik tebing rawan longsor.

Jalur gunung gunung gumitir dikenal dengan tanjakan dan belokan tajam. Tak heran jalur ini selalu ditakuti oleh pengguna jalan.

Jalur gunung gumitir satu satunya jalan penghubung Kabupaten Jember dan Banyuwangi menuju Pulau Bali atau sebaliknya.

 

#jalurmudik #gununggumitir  #jember #banyuwangi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x