Kompas TV regional papua maluku

Pemuda Melati Raya Sorong Bangunkan Warga Dengan Gendang Sahur

Kompas.tv - 5 April 2023, 14:04 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Saudara Pemuda Melati Raya, Kota Sorong, Papua Barat Daya mempunyai cara unik untuk membangunkan warga sahur, yaitu dengan gendang sahur dari masjid ke lingkungan warga. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh pemuda muslim saja, melainkan pemuda nasrani juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Gendang sahur kali ini para pemuda ini menggunakan alat musik ritmis dan bernyanyi sejumlah lagu dengan penuh semangat, tujuannya untuk membangunkan warga sahur, dari pukul 02:00 hingga pukul 03:30 WIT.

Kegiatan gendang sahur ini dilakukan tidak hanya di kompleks Melati Raya saja, melainkan di sejumlah kelurahan juga turut dilaksanakan gendang sahur. Kegiatan ini baru kembali dilaksanakan setelah vakum beberapa tahun.

Warga yang tadinya tertidur kini datang menghampiri para pemuda ini untuk menyaksikan mereka bernyanyi, bahkan beberapa warga datang dengan membawakan minuman kepada mereka yang begitu bersemangat bernyanyi, padahal gendang sahur ini dilakukan secara sukarela.

Tidak hanya gendang sahur, melainkan ada sejumlah kegiatan positif lainnya yang akan dilakukan pemuda melati raya selama bulan ramadhan ini.

Setelah melaksanakan gendang sahur, para pemuda ini kemudian menyantam sahur bersama dan membubarkan diri dengan tertib, agar tidak menggangu warga lainnya yang sedang beristirahat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x