Kompas TV regional papua maluku

Pedagang Kaki Lima Mudahkan Masyarakat Mencari Takjil Berbuka Puasa

Kompas.tv - 5 April 2023, 14:00 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Pada bulan ramadhan tahun ini geliat usaha mikro kecil dan menengah tumbuh pesat. Di sejumlah ruas jalan Kota Sorong, Papua Barat Daya, pedagang kaki lima menjamur dengan menyajikan beragam jenis makanan dan minuman jelang waktu berbuka puasa.

Jelang waktu berbuka puasa banyak terlihat pedagang kaki lima, mereka memudahkan masyarakat untuk mencari makanan berbuka puasa. Ada beragam jenis takjil seperti kue, kolak pisang, sopbuah, hingga makanan berat, dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 5,000 hingga Rp 50,000.

Salah satu jenis takjil yang paling dicari adalah asida, selain rasanya yang gurih dan enak, menu takjil yang satu ini hanya ditemui saat bulan ramadhan.

Beberapa pedagang mengaku keuntungan dari menjual takjil di bulan ramadhan lebih meningkat dibandingkan jualan hariannya, dimana dalam satu hari saja mereka bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp 300,000 sampai Rp 600,000.

Meskipun demikian sejumlah pedagang juga mengaku pembeli takjil tahun ini tidak seramai tahun kemarin. Apalagi mereka yang menjual takjil ice, pembeliannya tergantung cuaca di Kota Sorong, jika panas pembelinya meningkat, namun jika hujan sepi pembeli.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x