Kompas TV regional papua maluku

Sering Dilanda Banjir, Warga Desa Kamal Minta Perhatian Pemerintah

Kompas.tv - 4 April 2023, 18:55 WIB
Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPAS.TV-Curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku, membuat sejumlah kawasan pemukiman warga di Desa Kamal tergenang banjir, bahkan akibat buruknya drainase, membuat salasatu rumah warga di RT 08 Desa Kamal nyaris ambruk. Selain rumah warga, salasatu ruang belajar pada Sekolah SMA PGRI 4 Kairatu Barat di Desa Kamal juga nyaris roboh, akibat tergerus aliran air saat hujan,minggu (2/4/2023).

Warga sekitar saat ini hanya bisa melakukan mitigasi seadanya, untuk mencegah terjadinya banjir susulan yang bisa menyebabkan rubuhnya, bangunan rumah warga dan sekolah.

“jadi ini hanya mitigasi seadanya untuk mencegah agar rumah tidak roboh, setiap hujan pasti ada banjir dan tanah didekat rumah ini makin tergerus, ini gotongroyong anak-anak muda di komplek sini,rt 08 gaza temikol desa  kamal,ungkap salasatu pemuda ejon ropena”.

Mantan ketua rt 08 osboren tarekar berharap, adanya pehatian pemerintah,maupun instansi terkait dari Kabupaten Seram Bagian Barat, guna meringankan kecemasan warga saat musim hujan dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

“jadi,kami berharap ada perhatian dari pemerintah daerah maupun dinas PU,karena ini kalu dibiarkan bisa sangat berbahaya bagi keselamatan warga,kalau disana ada sekolah SMA yang sudah jebol drainasenya dan bisa mengancam keselamatan siswa atau guru pada saat mengajar jika turun hujan. “tutup tarekar”.

Selain itu ada sejumlah selokan atau drainase yang sudah rusak akibat dihantam banjir, sejak lama dan tak kunjung diperbaiki hingga saat ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x