Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Ziarah Di Makam Syekh Yusuf

Kompas.tv - 4 April 2023, 16:04 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, KOMPAS.TV - Setiap akan memasuki bulan ramadan warga di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ramai berziarah di Makam Pahlawan Syekh Yusuf yang merupakan tokoh penyebar agama islam hingga ke mancanegara.

Syekh Yusuf dikenal sebagai tokoh penyebar agama islam asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tidak hanya menyebarkan ajaran islam di dalam negeri tapi juga hingga ke mancanegara. Bahkan nama Syekh Yusuf cukup dikenal di sejumlah negara Afrika.

Syekh Yusuf juga memiliki tempat istimewa dalam sejarah Indonesia. Dengan nama lengkap Syekh Yusuf Al Makassari, ia juga merupakan tokoh pahlawan yang turut berperan sebagai salah satu tokoh sentral dalam perlawanan penjajah bersama rakyat banten.

Ia menjadi tokoh berpengaruh di Afrika Selatan lantaran belanda membuangnya ke Afrika karena menentang penjajahan Belanda. Di Afrika Selatan Syek Yusuf berhasil menyebar luaskan agama islam dan ia dicintai oleh warga Afrika Selatan hingga Syekh Yusuf meninggal di Afrika Selatan. Berdasarkan permintaan Raja Gowa saat itu Sultan Abdul Jalil, jenazah Syek Yusuf akhirnya dimakamkan di Liukang atau yang dikenal sekarang dengan nama Ko’bang yang saat ini berada di Jalan Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Karena kegigihannya melawan Belanda dan menyebarkan ajaran agama islam, makam Syekh Yusuf ramai dikunjungi warga untuk berziarah sambil memanjatkan doa.

Kesohoran nama Syekh Yusuf menjadi daya tarik warga untuk berziaran. Peziarah yang hadir dimakam Syekh Yusuf tidak hanya dari warga lokal tetapi dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara.

 

 

#syekhyusuf
#ziarah
#islam
 



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x