Kompas TV regional bali nusa tenggara

Cegah Rabies Meluas, Distan Karangasem Depopulasi Anjing

Kompas.tv - 4 April 2023, 13:35 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

KARANGASEM, KOMPAS TV - Selain menggencarkan vaksin rabies ke sejumlah desa, untuk mencegah meluasnya rabies, Dinas Pertanian Pangan Dan Perikanan Kabupaten Karangasem Bali, juga melakukan depopulasi melalui seterilisasi dan kastrasi terhadap anjing peliharaan maupun anjing liar,  di Desa Duda Timur Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem Bali.

Satu persatu anjing yang di bawa warga langsung dibius, sebelum  dilakukan sterilisasi dan kastrasi untuk mengurangi jumlah populasi anjing di Karangasem. Seperti diketahui populasi anjing meningkat setiap tahunnya. Bahkan sampai tahun ini jumlah populasi anjing di karangasem mencapai 13.684 ekor.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem, Nyoman Siki Ngurah menegaskan,  untuk menekan kasus rabies, selain gencarkan vaksinasi rabies,  juga dilakukan depopulasi dengan seterilisasi dan kastrasi. Kegiatan ini berkerjasama dengan Yayasan Sava Buana Denpasar, dan akan terus dilakukan di sejumlah desa yang ada kasus gigitan anjing rabies.

Kegiatan ini  melibatkan sepuluh petugas medis dari Yayasan Sava Buana dengan target anjing sebanyak 30 ekor. Kegiatan depopulasi dan vaksin rabies akan terus dilakukan, agar bisa menekan angka penyebaran kasus rabies di Karangasem.

 

 

 

 

 

 

 

 

#rabies  #distankarangasem  #depopulasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x