Kompas TV regional jawa timur

Festival Musik Patrol Digelar di Jalan Sepanjang 3 Kilometer

Kompas.tv - 3 April 2023, 20:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Pondok pesantren di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur menggelar festival musik patrol pengantar sahur di sepanjang jalan sejauh 3 kilometer. Selain untuk meramaikan bulan Ramadan, festival ini juga untuk melestarikan seni budaya nusantara.

Festival musik patrol pengantar sahur digelar di sepanjang jalan raya Pajarakan – Condong Kabupaten Probolinggo, pada Minggu (2/4/2023). Total ada 61 kelompok musik dari sejumlah daerah di Probolinggo yang ikut festival ini.

Berbagai alat musik tradisional dimainkan dengan piawai oleh peserta, mulai dari gendang, angklung gong dan kentongan. Lirik dan musik yang dimainkan adalah lagu daerah dan sesekali sholawatan.

Peserta juga menggunakan kostum tradisional sembari melakukan gerakan atraktif di sepanjang jalan. Festival ini memukau ribuan warga hingga rela berdiri berdesak-desakan.

Baca Juga: Tradisi Bangunkan Warga Sahur dengan Musik Patrol Khas Jember

Festival musik patrol digelar oleh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi untuk melestarikan seni budaya daerah dan pesantren.

Kedepan festival musik patrol akan digelar lebih meriah lagi dengan melibatkan pelaku seni lebih luas lagi.

 

#musikpatrol #pondokpesantren #festivalramadhan #pemkabprobolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x