Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Produk Hampers Narapidana di Sumsel Banyak diminati Saat Bulan Ramadan

Kompas.tv - 2 April 2023, 12:05 WIB
produk-hampers-narapidana-di-sumsel-banyak-diminati-saat-bulan-ramadan
Hasil Karya One Day One Prisons Product dipajang pada kegiatan pameran dalam rangka menyemarakkan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 59 di halaman Lembaga Pemasyarakatan di Sumatera Selatan. (Sumber: Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Dalam rangka upaya memberdayakan para warga binaan atau narapidana yang tengah menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyaraatan (Lapas). Kanwil Kemenkumham meluncurkan beragam program, salah satunya program One Day One Prison's Product yang merupakan gagasan pihak Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemnekumham) RI.

Di Sumatera Selatan, program tersebut telah berjalan sejak lama melalui kegiatan kerja di Lapas/Rutan. Sejumlah produk pun kini telah berhasil diciptakan bahkan menjadi primadona sehingga bisa dipasarkan dengan baik.

"Melalui program One Day One Prison's Product ini kita berusaha memasarkan serta mengajak orang untuk membeli hasil karya warga binaan sehingga tiap hari ada barang terjual kepada petugas maupun masyarakat”, kata Ilham.

Dari program ini, pertama dapat dihasilkan sejumlah produk hasil karya para warga binaan di antaranya Baju Batik, Mug, Peci Batik, Hasil kerajinan kayu, dan kain batik, lehar qur'an, kaos sablon, tas rajut, mainan kunci, serta berbagai macam jenis masakan kue, dan masih banyak lagi.

Menurut Ilham, produk hasil kerajinan para warga binaan yang saat ini paling banyak terjual adalah kue kering hasil produksi Lapas Perempuan Palembang. “Kue buatan Lapas Perempuan Palembang ini sangat cocok dijadikan bingkisan atau hampers di bulan suci Ramadan maupun untuk lebaran nanti”, tuturnya.

Adapun ragam kue diantaranya Nastar, semprong, putri salju, cookies coklat lumer, selai nanas gulung, dan juga cookies strawberyy. “Untuk harganya cukup terjangkau yakni mulai Rp. 30.000, dengan kualitas bahan yang premium harga tersebut terbilang Worth it”, pungkas Ilham.

Produk-produk One Day One Prison's Product ini, kemudian dipajang pada kegiatan pameran dalam rangka menyemarakan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 di halaman Lembaga Pemasyarakatan di Sumatera Selatan. Pameran ini digelar sejak tanggal 23 Maret hingga 2 Mei 2023. Disamping itu, masyarakat juga bisa melakukan pemesanan produk tersebut melalui akun media sosial resmi Lapas dan Rutan.

Kakanwil Ilham Djaya mengajak kepada seluruh pegawai, pengunjung dan masyarakat sekitar untuk membeli hasil karya dan produk warga binaan ini sebanyak-banyaknya.

Hal ini sejalan dengan tema HBP Ke-59 tahun 2023 yaitu "Transformasi Pemasyarakatan semakin Pasti Berakhlak, Indonesia Maju".

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya juga menyampaikan apresiasi terhadap warga binaan yang telah mampu menciptakan berbagai macam produk yang banyak menarik perhatian.

Ilham mengungkapkan, selain mendukung keterampilan warga binaan program ini juga untuk mendapatkan profit, dan dari profit ini mereka mendapatkan sedikit penghasilan yang bisa digunakan untuk sehari-hari atau dikirimkan kepada keluarganya", tutup Ilham.



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x