Kompas TV regional berita daerah

Memasak Kanji Rumbi Saat Puasa Telah Menjadi Tradisi Setiap Ramadhan

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 14:55 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Budi Darma, pengurus mesjid sudah siap memasak bubur kanji rumbi. Dia bersama warga secara sukarela menyiapkan rempah-rempah, serta bumbu khas Aceh untuk di masak kanji rumbi.

Bubur ini terbuat dari beras dengan dicampur aneka rempah seperti bunga lawang, kapulaga, kunyit, jahe, dan sejumlah sayuran seperti kentang dan wortel.

Ada dua belanga dimasak setiap hari yang satu belanga dibagikan kepada warga, sedangkan sisanya disajikan untuk menu berbuka puasa di masjid.

Menurut budi, tradisi memasak bubur kanji ini awalnya hanya dijumpai di Desa Beurawe, barulah setelahnya sudah mulai banyak desa yang mengikuti tradisi ini untuk memasak bubur bersama, seperti di desa ajun, lambhuk, desa ateuk dan beberapa desa lainnya yang ada di Kota Banda Aceh.  

Beginilah suasana warga yang sedang mengantri untuk mendapatkan bubur kanji. Warga Desa Beurawe setiap bulan ramadhan mendapatkan kanji rumbi gratis.

Nah bagi anda ingin mencoba cita rasa bubur kanji rumbi yang gurih dan lezat ini tak ada salahnya untuk berbuka puasa di Mesjid Beurawe dan bisa menyaksikan langsung proses memasak bubur di lokasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x