Kompas TV regional berita daerah

Merapi Kembali Erupsi, APG ke Arah Sungai Bebeng

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 14:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali mengalami erupsi pada hari Jumat (31/3/2023), sekitar pukul 07.45 WIB.

Berdasarkan data yang dirilis oleh BPPTKG Badan Geologi Yogyakarta, luncuran awan panas guguran (APG) mengarah ke barat daya atau Sungai Bebeng, dengan jarak luncur 1.100 meter. Pada saat terjadinya awan panas guguran tersebut, angin mengarah ke timur.

Menurut Kabid Rehab dan Rekon BPBD Magelang, Sugeng Riyadi, arah angin ke timur sehingga wilayah Magelang tidak berpotensi terjadi hujan abu vulkanik. Diimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu mengikuti instruksi dari instansi terkait.

“Hujan abunya tidak sampai ke Magelang karena angin mengarah ke timur. Kemungkinan jatuh di wilayah Klaten ataupun Boyolali. Sehingga untuk kondisi Magelang sampai dengan saat ini aman terkendali,” ujar Sugeng Riyadi.

Sebelumnya, sejak Kamis (30/3/2023) sore, Gunung Merapi sudah mengalami erupsi sebanyak tiga kali, yakni pada Kamis pukul 15.22 WIB dan pukul 18.04 WIB yang mengarah ke Sungai Boyong, serta Jumat (31/03/2023) pukul 07.45 WIB yang mengarah ke Sungai Bebeng.

#erupsimerapi #gunungmerapi #awanpanasguguran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x