Kompas TV regional jawa barat

Masjid Cipaganti, Saksi Bisu Penyusunan Kemerdekaan Indonesia

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 16:18 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS.TV - Berdiri sejak Zaman pemerintahan kolonial Belanda, masjid Cipaganti menyimpan cerita sejarah yang tak bisa diabaikan.

Masjid di wilayah utara Kota Bandung ini sudah ada dan berdiri sejak tahun 1800-an, saat itu bangunan masjid berupa bilik dan bernama masjid kaum Cipaganti.

Pada tahun 1930-an, pemerintah Belanda hendak mengubah kawasan Cipaganti menjadi pemukiman elit bagi warganya, masjid pun hendak dibongkar, karena akan dijadikan jalan oleh pemerintah saat itu. Namun banyak masyarakat muslim yang menolak perobohan masjid tersebut, hingga akhirnya pemerintah Belanda sepakat dengan masyarakat sekitar Cipaganti, agar masjid Cipaganti dibangun secara kokoh dan permanen.

Namun seiring perkembangan zaman, interior masjid raya Cipaganti mengalami beberapa perubahan, mulai dari mimbar dan dinding masjid sudah didesain modern. Setiap bulan ramadan, masjid ini selalu ramai diisi dengan kegiatan buka bersama, salat, tarawih, tadarus serta kultum sesudah sholat berjamaah.

Kini masjid besar Cipaganti masuk sebagai salah satu bangunan cagar budaya di Kota Bandung. Masjid ini merupakan saksi bisu dalam penyusunan kemerdekaan Indonesia, sejumlah tokoh besar pernah mampir dan beribadah di masjid ini, seperti presiden pertama Soekarno, presiden ketiga BJ Habibie dan presiden Jokowi.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG :https:www.instagram.comkompastvjabar

Youtube :https:www.youtube.comckompastvjaw...

Twitter :https:www.twitter.comkompastv_jabar

Facebook :https:www.Facebook.comkompastvjabar

 

kompas, berita kompas, berita kompastv, kompas news, kompastv, kompas tv, kompastv live streaming, kompas tv live streaming, live streaming, indonesia, news, youtube news, berita terbaru hari ini, viral terbaru, breaking news, live news, berita terkini, top news

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x